Berita

DPRD Simalungun Desak Direktur PTPN 4 Atasi Banjir

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – DPRD Simalungun mendesak Direktur PTPN 4 segera mengatasi banjir sebelum kembali memakan korban jiwa di Kecamatan Tanah Jawa, Kabupaten Simalungun, Jumat (22/11/2019) sekira pukul 11.00 WIB.

Pernyataan itu, hasil rapat gabungan Komisi II dan IV, DPRD Simalungun yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Simalungun Samrin Girsang didampingi Binton Tindaon dan Maraden Sinaga.

Anggota DPRD Walpiden Tampubolon mengatakan Komisi II dan IV mendesak PTPN 4 sebagai pengguna Hak Guna Usaha (HGU) agar membuat Grand desain jangka panjang.

“Dalam rapat ini kami mendesak PTPN 4 agar dibuat pengelolaan air jangka panjang supaya tidak terjadi lagi bencana banjir yang terjadi di Tanah Jawa artinya air itu diurai dari hulu sampai ke hilir,” ujarnya.

Menurut Walpiden Tampubolon, PTPN 4 jangan terfokus dalam satu titik, otomatis debit air akan besar yang menimbulkan bencana alam, tetapi air diurai (dibagi-bagi) dari hulu ke sungai.

“Tidak itu saja, sebagaimana Peraturan Pemerintah nomor 38 tahun 2011 tentang sungai, 50 meter dari tepi Sungai adalah sempadan. Artinya tanaman sawit tidak boleh ditanami di daerah sempadan sungai sesuai fakta di lapangan banyak tanaman sawit ditanami di tepi sungai itu harus ditertibkan,” ucapnya.

Binton Tindaon saat ditanyai hasil kesimpulan rapat, pihaknya meminta kepada Direksi PTPN 4 agatr secepatnya mengatasi banjir di Tanah Jawa. “Kita minta cepat diatasi. Jangan sampai menunggu ada korban jiwa lagi,” ujarnya.

Pimpinan Rapat Samrin Girsang saat diwawancarai mengatakan rapat lintas Komisi II dan IV tersebut membahas tentang bencana alam yang terjadi di Tanah Jawa.

“Kita akan berkunjung ke kantor Direksi PTPN 4. Rencana antara tanggal 3 dan 4 Desember supaya ada penanganan yang menyeluruh,” sebutnya.

Menurut Samrin Girsang, sesuai keterangan dari kepala desa setempat, selama 12 tahun ini, PTPN 4 seolah-olah ada pembiaran, karena setiap hujan turun pasti terulang banjir mulai tahun 2007.

“DPRD mau masalah ini segera ditangani secara menyeluruh. Supaya kejadian serupa tidak terulang lagi seperti tahun-tahun sebelumnya,” sebut mantan Ketua Umum HIMAPSI itu. (mag-05)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close