Berita

DPRD Pertanyakan Informasi Lowongan Kerja: Kabid HI Keluhkan Anggaran

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial (HI) Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Simalungun Kepe Sitanggang mengeluhkan anggaran dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama DPRD di ruang Komisi 4, Pamatang Raya, Rabu (13/11/2019).

Keluhan itu muncul ketika Ketua Pokja IV DPRD Binton Tindaon bersama Hendra Sukma Sinaga mempertanyakan tentang informasi lowongan kerja pada perusahaan yang ada di Kek Seimangkei yang berada di Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun.

“Yang saya lihat, setiap hari ada penerimaan karyawan di perusahaan-perusahaan Kek Seimangkei. Tetapi pekerjanya tidak ada dari Simalungun. Harusnya Dinas Ketenagakerjaan menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan itu dalam hal perekrutan tenaga kerja,” ujar Binton.

“Artinya harus ada komitmen bahwa daerah kita harus terberkati dengan adanya Kek Semangkei. Jangan pula rakyat kita hanya penonton. Tujuannya, supaya rakya di Simalungun ini bisa mencicipi kemakmuran itu,” tegasnya.

Menyikapi hal itu, Kepe Sitanggang didampingi Kepala Seksi (Kasi) Persyaratan Kerja (PK), Parida Lubis utusan Kadis Ketenagakerjaan Marolop Silalahi, menyikapinya dengan mengeluhkan anggaran.

“Memang saya baru di Dinas Ketenagakerjaan ini kurang lebih dua tahun. Selama saya tugas di Dinas Ketenagakerjaan memang kurang anggaran,” ujarnya.

Menurutnya, akibat anggaran tidak ada dan Kadis selalu berganti-ganti, sehingga tidak ada yang bisa mengambil kebijakan. Dia kemudian memohon agar DPRD memikirkan anggaran perjalanan Dinas Ketenagakerjaan.
“Tolonglah pak, anggaran kami diperhatikan juga,” ucapnya.

Selama ini, menurut Kepe Sitanggang, setiap ada kegiatan yang urgent, pihaknya selalu menghadirinya meski pakai biaya sendiri.

Menanggapi keluhan Kepe Sitanggang, Binton Tindaon mengatakan akan menggodok, membahas hal tersebut setelah Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Komisi IV terbentuk.

“Nanti di Komisi 4 kita godok berapa anggaran yang akan dibutuhkan untuk Dinas Ketenagakerjaan. Itulah pentingnya komunikasi yang baik. Tapi kami minta pada rapat selanjutnya agar Kadis dapat menghadiri RDP yang dapat menguasai, yang dapat mengambil keputusan dalam rapat,” tandasnya. (mag-05/des)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close