Berita

DPRD Palas Desak Pembentukan Ranperda Tenaga Kerja

PALAS, FaseBerita.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Palas terus mendesak Ranperda tentang tenaga kerja di perusahaan-perusahaan. Melalui Baperda, Ketua DPRD Palas Amran Pikal Siregar telah menerbitkan surat nomor 170/045/DPRD/2020 tentang pembuatan tim pembentukan ranperda tenaga kerja DPRD Kabupaten Palas.

Amran Pikal Siregar menegaskan, pihaknya sangat serius untuk mewujudkan lahirnya Peraturan Daerah (Perda) tentang tenaga kerja.

“Salah satu yang menjadi agenda anggota DPRD Palas saat ini adalah bagaimana menggodok rancangangan peraturan daerah tentang tenaga kerja,” kata Amran Pikal Siregar saat berbincang dengan Metro Tabagsel baru-baru ini.

Pembentukan tim, kata Ampi, panggilan akrab ketua DPRD Palas ini, sebagai langkah awal. Diakuinya, ini perlu kerja sama semua pihak, dan tidak pekerjaan yang mudah.

Tentunya, untuk menggodok Ranperda Tenaga Kerja itu, Ampi mengajak seluruh stakeholder yang ada untuk ikut bersama-sama mendukung upaya dewan untuk pengusulan pembuatan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang tenaga kerja tersebut. Sebab, banyak manfaat dan sisi positif jika Padang Lawas memiliki Perda tentang tenaga kerja.

“Salah satunya dalam Perda itu nanti akan diatur bagaimana seluruh perusahaan atau badan usaha lainnya baik swasta ataupun BUMN bisa menerima putra asli daerah untuk dipekerjakan di perusahaan atau badan usaha lainnya yang beroperasi di daerah ini,” tukas Ampi.

Ampi optimis langkah dewan dalam menginisiasi Ranperda Tenaga Kerja bisa berjalan mulus. Terlebih saat anggota DPRD Palas sudah berkunjung ke Bangkinang Provinsi Riau. Dimana dari hasil kunjungan kerja itu, Bangkinanh telah berhasil menerapkan Perda tenaga kerja yang dimaksud.

Salah satu poin yang terkandung dalam Perda tenaga kerja itu kata Amran adalah, setiap badan usaha atau perusahaan swasta maupun BUMN yang beroperasi di Bangkinang harus menampung atau mempekerjakan putra daerah minimal 30 persen.

“Jadi kan jelas, kalau mereka bisa kenapa kita Padang Lawas tidak bisa, daerah kita tidak jauh beda dengan sana,” tegas politisi Golkar ini.

Terpisah Romi Parmonangan Nasution selaku Ketua Bapperda DPRD Palas mengakui sudah menerima surat dari ketua dewan. Romi mangaku akan segera mengundang pihak-pihak terkait untuk segera membentuk tim pekerja atau perumus untuk menyusun Ranperda tentang tenaga kerja.

“Sudah, suratnya sudah sampai sama kita, langkah awal Bapperda akan segera mengundang pihak-pihak terkait dan berkompeten,” kata Romi. (tan)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close