Berita

Dosen STMIK Royal Kisaran Laksanakan Pengabdian Masyarakat

FaseBerita.ID – Tugas pokok seorang dosen adalah mengajar dan mendidik yang meliputi memberi kuliah, praktikum, tutorial, pelatihan, dan evaluasi atau ujian, serta tugas pembelajaran lainnya kepada mahasiswa, sesuai dengan jenjang jabatan akademik dosen yang bersangkutan.

Akan tetapi Dosen tidak boleh lepas dari wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Oleh kareana itu tugas pengabdian dosen tersebut terlaksana dengan menggelar sosialisasi dengan judul “Mewujudkan pengurus organisasi yang taat hukum dan peduli perkembangan IPTEK kepada Pengurus Lembaga Peduli Pembangunan Asahan (LEPPAS) yang terlaksana pada tanggal 12-13 Juni 2020 lalu di Kisaran.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari pengabdian para dosen untuk masyarakat. Dalam hal ini sebagai pemateri yaitu: Ari Dermawan SH MH sekaligus sebagai Ketua pengabdian, Nurwati MKom dan Muthia Dewi MPd juga sebagai pemateri sekaligus anggota pengabdian.

Ketua STMIK Royal Kisaran DR HMuh Saleh Malawat SE MMA saat berbincang bersama wartawan, Rabu (12/8) menyambut baik kegiatan tersebut, beliau berharap agar pengabdian ini dapat bermanfaat dan diterapkan di tengah-tengah masyarakat.

Dikatakannya, pengabdian masyarakat adalah kegiatan yang berorientasi pada pelayanan masyarakat dan penerapan ilmu pengetahuan teknologi dan seni terutama dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat dan memajukan kesejahteraan bangsa.

Hal ini ditegaskan kembali dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI).

Saat diwawancarai bersama Ketua Pengabdian yaitu Ari Dermawan SH MH menerangkan tentang pentingnya pengabdian pada masyarakat sebagai upaya mengarahkan Perguruan Tinggi untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) khususnya dalam pelaksanaan dharma Pengabdian kepada Masyarakat, setiap perguruan tinggi diharapkan dapat mengelola kegiatan Pengabdian Masyarakat yang memenuhi standar.

Ada 8 (delapan) Standart Pengabdian Masyarakat di Perguruan Tinggi, yaitu standar hasil pengabdian kepada masyarakat, yaitu merupakan kriteria minimal hasil pengabdian kepada masyarakat dalam menerapkan, mengamalkan, dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi guna memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Standar isi pengabdian kepada masyarakat, yaitu merupakan kriteria minimal tentang kedalaman dan keluasan materi pengabdian kepada masyarakat, Standar proses pengabdian kepada masyarakat, yaitu merupakan kriteria minimal tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan kegiatan.

Kemudian, standar penilaian pengabdian kepada masyarakat, yaitu merupakan kriteria minimal tentang penilaian terhadap proses dan hasil pengabdian kepada masyarakat.

Standar pelaksana pengabdian kepada masyarakat, yaitu merupakan kriteria minimal kemampuan pelaksana untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan standar sarana dan prasarana pengabdian kepada masyarakat, yaitu merupakan kriteria minimal tentang sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menunjang proses pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memenuhi hasil pengabdian kepada masyarakat. (per)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button