Berita

Disoalkan Izin Lingkungan Hidup, CV Horizon: Ditutup Tidak Masalah!

TAPTENG, FaseBerita.ID – Terkait persoalan izin lingkungan hidup yang dinyatakan oleh Dinas Perizinan dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) belum dimiliki CV Horizon perusahaan, perusahaan pengolahan ikan di lokasi industri Pondok Batu, Kecamatan Sarudik, Tapteng, itu mengaku siap ditutup apabila itu keinginan Pemkab Tapteng.

Hal itu disampaikan Humas CV Horizon Hotlin Hutagalung saat ditanyai terkait usaha fish meal yang pabriknya milik CV Yakin yang dikontrak pihaknya dan belum memiliki izin lingkungan hidup. “Kalau pun ditutup fish meal itu kami nggak masalah, karna ikan kami bisa juganya kami jual sampahnya itu, lakunya itu,” ujar Hotlin saat dikonfirmasi para awak media baru-baru ini.

“CV Yakin itu punya dua pabrik di situ, satu pabrik es, pabrik kedua pembuatan tepung ikan, kebetulan fish meal itu gak dipakai mereka, kami kontrak lah itu dan sudah kami kontak 2 tahun. Itu yang bermasalah, kalo ini enggak ada,” kata Hotlin.

Hotlin menjelaskan, usaha yang dikelola CV Horizon sejauh ini hanya ada 3 item, yakni penangkapan, cold storage dan pengolahan ikan (tuna loin). “Nggak ada masalah kami,” ucapnya.

Ditanya tanggapannya terkait mengapa Dinas Perizinan Tapteng menyatakan CV Horizon belum memiliki izin? menurut Hotlin hal itu dilontarkan terlalu cepat sebelum bertanya karena mereka hanya pihak yang mengontrak dan bukan pemilik CV Yakin yang belum memiliki izin. “Ha, belum pas ditanya sudah cerita, tanya dululah,” ucapnya.

Disinggung soal apakah CV Horizon telah melengkapi seluruh izin termasuk izin lingkungan hidup?, Hotlin malah mengaku pihaknya sedang dalam proses pengurusan izin lingkungan hidup. “Kami memang soal lingkungan hidup sedang diurus, itu harus siap satu, amdal namanya, harus siap satu, ndak boleh langsung dikerjakan, (ngurus,red) ke Medan-lah,” katanya.

Sebelumnya Kadis Lingkungan Hidup Tapteng M Arsyad Hasibuan kepada para awak media menyatakan bahwa CV Horizon yang melakukan 4 item usaha belum memiliki izin dokumen lingkungan.

“Jadi Horizon kondisi saat ini, justru bermohon terhadap empat item kegiatan, yaitu tangkahan ikan, cold storage, fish meal sama tuna loin, jadi kesimpulannya, empat-empatnya belum mempunyai dokumen lingkungan,” kata Arsyad. (dh)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker