Berita

Disdukcapil Tapteng Gelar Pelayanan di Kantor Kecamatan

TAPTENG, FaseBerita.ID – Guna memudahkan masyarakat dalam mengurus surat-surat administrasi kependudukan seperti akta lahir, KTP, KK, akta kematian dan lainnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tapanuli Tengah melakukan pelayanan di kantor-kantor kecamatan.

Setelah sebelumnya di Kecamatan Sibabangun, kali ini hari Selasa (12/3) Disdukcapil Tapteng kembali melakukan pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Pinangsori.

Camat Pinangsori Pahala Nababan mengaku, tidak menyangka banyak dan antusiasnya masyarakat  yang datang dalam pengurusan administrasi kependudukan yang dilaksanakan. “Kita hanya menyampaikan pengumuman kalau hari ini ada pencatatan data penduduk oleh Disdukcapil. Dan yang datang hari ini sangat banyak jumlahnya, hampir mencapai seribuan,” ucap Pahala.

Dia mengatakan, pelayanan tersebut dilakukan untuk melakukan perekaman dokumen kependudukan masyarakat Tapteng yang belum terekam dan terdaftar. “Ratusan warga mendatangi tempat pelayanan yang dipusatkan di kantor Kecamatan Pinangsori. Mereka datang dari 5 desa dan 5 kelurahan yang ada di kecamatan ini,” jelasnya.

Pada hari pelaksanaan pelayanan pengurusan administrasi kependudukan di kantor kecamatan Pinangsori itu diapresiasi masyarakat. “Kami sangat terbantu dengan adanya pelayanan ini. Sehingga kami tidak lagi mesti ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang berkantor di Pandan yang jaraknya cukup jauh,” kata Simanungkalit, salah seorang warga.

Dengan adanya kebijakan tersebut, kata dia, pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tapteng tidak begitu padat lagi, dan antrian pun sudah berkurang. “Namun  kami harapkan, pelayanan ini bisa diperpanjang waktunya. Sebab masih banyak warga yang belum mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan,” pintanya.

Tak hanya itu, warga juga mengeluhkan banyaknya persyaratan berkas yang harus dipersiapkan, sehingga warga terpaksa harus bolak balik ke kantor Kelurahan/Kepala Desa untuk melengkapi berkasnya masing-masing.

Menyikapi permintaan warga yang belum terlayani, pihak Disdukcapil Tapteng menegaskan akan kembali memberikan pelayanan kependudukan pada bulan April mendatang. “Kita akan datang kembali bulan April mendatang,” ujar salah seorang petugas.

Amatan New Tapanuli, petugas Disdukcapil Kabupaten Tapanuli Tengah yang bertugas  terlihat kewalahan dalam melayani masyarakat yang datang melebihi nomor antrian yang disediakan. Diperoleh informasi bahwa pelayanan hanya menyediakan 500 nomor antrian, meskipun warga yang hadir hampir seribuan.

Akibatnya, pelayanan menjadi tersendat dan kurang maksimal yang mengakibatkan pelayanan mulai tidak beraturan lagi. Bahkan ratusan warga lainnya tidak lagi terlayani karena tidak mendapatkan nomor antrian. (ztm/rb)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button