Berita

Disdukcapil Layani 270 Adminduk Selama Perayaan HUT Tobasa

TOBASA, FaseBerita.ID – Di sela-sela perhelatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Toba Samosir yang dipusatkan di Lapangan Sisingamangaraja XII Parsoburan, Sabtu (9/3), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) membuka stand layanan administrasi kependudukan (Adminduk).

Sebagaimana diungkapkan Kabid pemanfaatan data dan inovasi Disdukcapik Tobasa Ferry Simbolon SH, selama peryaan, petugas Disdukcapil menerima permohonan sebanyak 270 adminduk.

“Adminduk yang kita layani seperti perekaman KTP-Elektronik, Kartu Keluarga, Akte Lahir dan akte lainnya,” turut Derry yang diwawancarai di Stand Disdukcapil pada acara puncak HUT Tobasa, Sabtu (9/3).

Baca: Hadiri Pesta Puncak HUT Tobasa: Gubernur Sumut Nyanyikan Lagu ‘O Tano Batak’

Menurutnya, layanan pengurusan adminduk itu sengaja dibuka guna memberikan kemudahan layanan adminduk kepada masyarakat khususnya masyarakat di wilayah Habinsaran, Borbor dan Nassau yang merupakan lokasi acara HUT. Semua gratis.

Ternyata, mereka mendapat sejumlah kunjungan, baik yang mengurus langsung adminduk, juga meminta penjelasan berbagai hal pengurusan adminduk.

Inisiatif pembukaan layanan adminduk itu mendapat apresiasi dari para pengunjung. Dimana masyarakat mendapatkan penjelasan rinci terkait pengurusan adminduk.

“Kami yang dari kampung ini minim informasi. Sehingga masih banyak adminduk warga yang tidak lengkap. Ada yang khawatir biaya, syarat yang rumit, dan waktu pengurusan yang harus memakan waktu. Maka kami harapkan layanan adminduk seperti ini lebih dekat dengan masyarakat. Misalnya, dapat dibuka untuk wilayah Habornas 1 kali sebulan. Sehingga kami tidak perlu jauh- jauh ke Balige,” pinta Marlon Pardosi. (ft/osi)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button