Berita

Disdukcapil Buka 17 April Layani Pembuatan Suket

KISARAN, FaseBerita.ID – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Asahan akan tetap melayani urusan masyarakat di hari pencoblosan 17 April 2019, untuk urusan pembuatan surat keterangan (suket) bagi warga yang belum terdaftar Dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT).

“Tanggal 17 April di hari pencoblosan kita tetap buka pelayanan sampai jam 12 siang. Kami memprioritaskan pelayanan pembuatan surat keterangan (suket) yang dibutuhkan warga khususnya bagi yang tidak terdaftar di DPT-nya,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Suprianto melalui sekretarisnya H Darmawan di ruang kerjanya, Senin (15/4).

Ditambahkan Dermawan, dibukanya pelayanan tersebut merupakan bentuk dukungan Pemkab Asahan melalui Disdukcapil atas kesuksesan pemilu khususnya untuk masyarakat yang masih belum melengkapi ataupun mendapatkan surat administrasi kependudukan.

Meski masuk kerja di hari pencoblosan, Dermawan menjeaskan, adapun para pegawai dan staff Disdukcapil akan efektif bekerja mulai pukul 08.30 WIB, karena mereka terlebih dahulu melakukan pencoblosan di TPS masing-masing.

“Pegawai kita kan harus menggunakan hak pilihnya dulu di TPS masing-masing. Setelah itu mereka masuk kantor dan tetap melayani urusan masyarakat di sini,” ujarnya.

Saat ini, Disdukcapil Asahan sejak tanggal 10 Maret hingga 12 April telah menyalurkan 39 ribu KTP Elektronik, dimana didominasi 70 persen warga yang baru menerima KPT (usia 17 tahun) dan telah disalurkan ke seluruh kecamatan masing-masing.

“Diharapkan kepada masyarakat yang merasa belum pernah menerima supaya mendatangi kantor kepala desa setempat untuk mengambil KTP tersebut,” ujarnya.

Dia juga meminta kepada warga yang sudah terdaftar dalam DPT di TPS masing-masing agar tidak usah panik jika tidak memiliki KTP. Sebab bisa diurus dengan membuat surat keterangan (suket) dan dapat menggunakan hak pilihnya di hari pencoblosan. (Per)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button