Berita

Diperkirakan 400 warga Asahan di Malaysia Kehabisan Perbekalan

FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Asahan tengah mengupayakan penjemputan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Asahan yang saat ini masih terjebak di Malaysia, mengingat saat ini status negeri jiran itu sedang lockdown.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan Rahmad Hidayat Siregar yang juga juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 mengatakan, pihaknya saat ini telah melakukan pendataan untuk rencana pemulangan tersebut dan berkordinasi dengan pihak terkait.

“Sedang berjalan pendataannya, sambil proses pengurusan administrasi ke gubernur. Inikan proses pemulangan warga antar negara, jadi prosesnya sampai ke kementerian terkait. Setelah sudah ada keputusan pasti maka kami siap membawa pemulangan seluruh TKI,” kata Rahmad Hidayat,” Sabtu (2/5).

Ia menyebutkan, sementara ini sedikitnya ada 400 warga Asahan di Malaysia sedang kehabisan perbekalan, mengingat rata-rata mereka sudah tidak bekerja selama dua bulan. Hidayat juga menambahkan, persiapan penjemputan sedang disusun agar berjalan dengan baik.

“Setelah pendataan barulah dilakukan proses klarifilasi data lanjutan di Kantor Catatan Sipil Kabupaten Asahan untuk memastikan apakah benar warga tersebut adalah warga Asahan,” ucapnya.

Iapun  menambahkan, saat ini sudah ada sebanyak 381 orang terdata sebagai TKI yang dengan ijin kerja resmi pemulangannya dibantu oleh pemerintahan pusat maupun daerah. (per/rah)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button