Berita

Dipecat tanpa Pesangon, ABK ‘Teriak’

FaseBerita.ID – Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Layar Motor (KLM) Aneka Maju dengan GT.173 nomor 1080 66o, M Rizki Maynaki Lubis tidak terima dipecat secara sepihak dan tanpa pesangon. Padahal ia sudah bekerja di KLM tersebut selama hampir dua tahun.

Kepada sejumlah wartawan, Minggu (27/9) warga Kota Tanjungbalai itu mengaku sangat kecewa. Apalagi, pemberhentian dirinya dari pekerjaan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

“Saya sangat kecewa terhadap pihak perusahaan tempat saya bekerja. Tanpa alasan saya dipecat begitu saja dan tanpa alasan yang jelas. Tetiba di Buku Pelaut saya tertera tanda ‘BERHENTI’ dari Sayahbandar Tanjung Pinang. Alhasil saya tidak bisa bekerja lagi,” kata Rizki.

Rizki mengaku mulai bekerja di KLM Aneka Maju 9 Januari 2019. Selama ini, katanya, ia tidak pernah melakukan kesalahan yang membuat kerugian besar pihak perusahaan pengelola kapal.

“Saya tidak pernah melakukan kesalahan fatal, apalagi yang merugikan pihak perusahaan tempat saya bekerja. Makanya saya heran, tetiba sudah diberhentikan tanpa ada surat peringatan,” tukasnya.

Nahkoda/Kapten KLM Aneka Maju, Debi Irawan ketika dikonfirmasi mengaku tidak mengetahui pemberhentian terhadap Rizki.

“Saya tidak tahu soal pemberhentian itu,” tukas Debi yang ditemui di atas KLM Aneka Maju.

Sementara itu, Rizal Sitorus dan seorang mantan ABK yang pernah berkecimpung di salah satu organisasi Pelaut, menilai jawaban Kapten KLM Aneka Maju terkesan menghindar.

“Saya menilai jawaban Kapten-nya tidak masuk akal. Saya duga itu hanya pengalihan. Kalau setaraf Kapten tidak mengetahui ABK kena pecat, perlu dipertanyakan surat-surat Kapten-nya darimana diambil,” sebut Rizal. (CK-04)





Back to top button