Berita

Dinsos Siantar Usulkan 3.389 KK ke Provinsi Penerima Bantuan Terdampak Virus Corona

FaseBerita.ID – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Siantar mengusulkan sebanyak 3.389 Kepala Keluarga (KK) dari delapan kecamatan untuk penerima bantuan terdampak wabah Virus Corona (Covid 19) dari Dinsos Provinsi Sumatera Utara (Provsu).

“Semalam nama-nama ke-3.389 KK yang diusulkan itu sudah dikirimkan ke Dinsos Provsu,” ujar Kadinsos P3A Kota Siantar melalui Kepala Bidang (Kabid) Sosial Drs Risbon Sinaga MM, Kamis (2/4) siang.

Namun terkait bantuan apa yang akan diberikan dan berapa lama serta besarannya, belum ada pemberitahuan dari Dinas Sosial Sumatera Utara. Termasuk berapa orang yang akan direalisasikan mendapat bantuan tersebut.

“Kami hanya disuruh mengirimkan data. Soal pelaksanaannya kami belum tau kapan,” jelasnya.

Risbon menjelaskan, pengusulkan nama ke 3.389 KK dari delapan kecamatan itu menindaklanjuti Surat Dinsos Provsu Nomor: 467/1095/2020 tertanggal 31 Maret 2020 yang ditandatangani Kadinsos Provsu H Rajali SSos MSP.

Dimana dalam surat itu, pihak Dinsos Provsu memintakan Para Kadinsos Kota/Kabupate se Sumut untuk mengirimkan data masyarakat yang terkena dampak ekonomi (berkurang/hilang penghasilan) akibat wabah Covid 19 baik di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun di luar DTKS selambat-lambatnya tanggal 1 April 2020.

“Warga yang terdampak Covid 19 itu seperti pedagang di sekitar sekolah, pekerja tenun dan lainnya. Pendataan bekerjasama dengan para lurah di delapan kecamatan. Jadi kita tidak sembarangan mengajukan nama melainkan sesuai permintaan surat Dinsos Provsu. Kita tunggulah berapa banyak dan siapa saja warga yang namanya kita sudah usulkan itu sebagai perima bantuan Dinsos Provsu,” kata Risbon Sinaga sembari mengatakan bahwa nama yang diusulkan itu dari kelurahan.

Ditegaskan Risbon, terkait usulan bantuan dari Dinas Sosial Provinsi ini, diluar dari penyaluran sembako kepada KPM yang setiap bulannya telah dilaksanakan. (Mag 04)

 



Pascasarjana

Unefa
Back to top button