Berita

Dinkes Paluta Diminta Periksa Kesehatan Anggota DPRD

FaseBerita.ID – Menanggapi informasi terkait penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19 yang cukup mengkhawatirkan, Pemkab Paluta dalam hal ini Dinas Kesehatan diminta melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 30 anggota DPRD Paluta yang baru melakukan perjalanan ke luar daerah dalam rangka kunjungan kerja.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris DPD KNPI Paluta Anwarsyah Siregar ST kepada awak media, Senin (16/3).

“Sebagai antisipasi penyebaran Covid-19, anggota DPRD Paluta dan staf yang baru melakukan perjalanan dalam rangka kunker agar dilakukan pemeriksaan kesehatan atau dikategorikan sebagai ODP Covid-19. Wabah virus corona ini bukanlah wabah yang bisa dibuat main-main, pemerintah harus pro aktif dalam antisipasi dan proteksi atas penyebaran virus ini,” ujarnya.

Sebab katanya, melihat dari lokasi atau daerah tempat mereka melakukan kunker merupakan daerah yang menurut informasi sebagai daerah tempat penyebaran virus pandemik Covid-19.

Atas dasar hal tersebut, ia meminta agar pihak Dinkes Paluta melakukan pemeriksaan terhadap anggota DPRD beserta staf yang ikut melakukan perjalanan terutama yang tujuan kunkernya adalah daerah yang sudah terdeteksi adanya suspect penderita virus Covid-19.

“Lokasi kunker mereka kan ada yang ke Bali, sedangkan kita sudah lihat di sejumlah pemberitaan bahwa daerah tersebut sudah terdeteksi adanya pengidap suspect virus Corona. Karena mencegah itu lebih baik,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinkes Paluta dr Sri Prihatin Harahap didampingi Kabid P2P dr Afrida Henny Simamora mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan koordinasi dengan pihak instansi lainnya yang ada di Paluta terkait antisipasi virus corona.

Saat ini pihaknya masih melakukan rapat terbatas dengan sejumlah pihak instansi terkait untuk pembentukan tim antisipasi penyebaran virus corona di Paluta.

Terkait anggota DPRD Paluta, ia menyampaikan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak sekretariat DPRD untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap anggota DPRD dan staf yang baru melakukan perjalanan ke luar daerah.

“Kita sedang melakukan koordinasi untuk pemeriksaan kesehatan terutama yang melakukan perjalanan ke daerah yang sudah terdeteksi adanya penderita suspect virus corona,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga kesehatan dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat, mulai dari mencuci tangan sebelum makan dan memakai masker ketika berpergian.

Terpisah, salah seorang anggota DPRD Paluta dari Partai Golkar Machmud Pratama Harahap menyebutkan bahwa dirinya siap untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan sebagai bentuk dukungan untuk langkah antisipasi penyebaran virus corona.

“Kita siap untuk dilakukan pemeriksaan, karena kita juga mendukung langkah pemerintah atas antisipasi situasi penyebaran virus corona,” tegasnya. (ais)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button