Berita

Dinas Perpustakaan Samosir Sosialisasi Gemar Membaca di Literasi Nusantara

SAMOSIR, FaseBerita.ID – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Samosir menyambut positif gelaran Literasi Nusantara Danau Toba tahun 2019 yang diselenggarakan di Lopo Hotel Tomok mulai 11-13 Juli.

“Tentunya senang, kita manfaatkan untuk mengajak masyarakat gemar membaca,” kata Kabid Layanan dan Pelestarian, Nurmina Manurung SPd, Kamis (11/7/2019).

Di ajang itu, pihaknya membuka layanan perpustakaan keliling melalui mobil pintar dan mengadakan lomba membaca tingkat sekolah dasar.

Murid dari berbagai sekolah itu diberi waktu untuk kemudian diuji kemampuan berbahasanya dan pemahaman tentang isi buku yang dibaca.

Harapan, sosialisasi dan kegiatan yang dilaksanakan mampu memunculkan motivasi dan kesadaran membaca buku, bukan hanya melalui internet.

Untuk layanan kepada masyarakat, Dinas Perpustakaan menurunkan mobil pintar dari desa ke desa dan lokasi umum lainnya, juga ke sekolah-sekolah.

Publishing and Education Director PT Gramedia Asri Media, Suwandi S Brata menjelaskan, pihaknya menggelar berbagai kegiatan.Di antaranya lomba mewarnai untuk tingkat TK dan SD, resensi buku (pelajar dan umum), bercerita bahasa Batak, menulis aksara Batak dan permainan tradisional serta seminar nasional.

Festival dimaksudkan untuk memberi kesadaran literasi (kemampuan berbahasa) kepada masyarakat dalam bentuk rangkaian acara yang seru dan menyenangkan.

Diharapkan, dengan meningkatnya kesadaran literasi, masyarakat mampu lebih selektif dalam memilih dan memilah informasi baik dan terhindar dari berita bohong (hoaks). (ant/int)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close