Berita

Dilantik: PCNU Tapteng Siap Tingkatkan Kualitas

TAPTENG, FaseBerita.ID – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) menggelar acara peringatan Harlah NU ke 93 dan Harlah Muslimat NU ke 73  di Gedung Olahraga (GOR) Pandan, Tapteng, Sabtu (9/3).

Kegiatan yang dirangkai dengan pelantikan PC NU Kabupaten Tapteng masa khidmad 2019-2024 itu dihadiri Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dan Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk. Selain itu, ribuan warga Nahdiyin juga memadati GOR Pandan mengikuti acara yang menjadi agenda rutin ormas terbesar itu.

Wakil Ketua PW NU Sumatera Utara H Adlin Manik sendiri langsung melantik PC NU Tapteng masa khikmad 2019-2024 serta melantik H Alfan Surya Hutagalung sebagai Ketua Tanfidziyah dan H Kifli Almujahid Batubara sebagai Rois Syuriyah.

Disela-sela acara pelantikan dan peringatan Harlah, H Alfan Surya Hutagalung mengatakan, akan berupaya semaksimal mungkin membesarkan dan memajukan NU di Tapanuli Tengah. “Kita juga akan meningkatkan mutu dan kualitas seluruh lembaga di bawah NU. Untuk itu, kami mengharapkan kerjasama dari seluruh unsur pengurus dalam menjalankan roda organisasi,” pungkasnya.

Lebih jauh disampaikannya, Nahdlatul Ulama merupakan organisasi Islam terbesar di Indonesia dan sejarah hari lahir NU terjadi 93 tahun silam, tepatnya tanggal 31 Januari 1926. “Pendirian NU digagas para kiai ternama dari Jawa Timur, Madura, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Pertemuan para kiai itu juga merupakan prakarsa dari KH Hasyim Asy’ari. Yang dibahas pada waktu itu adalah upaya agar islam tradisional di Indonesia dapat dipertahankan,” jelasnya.

Untuk itu, sambungnya, sebagai lembaga pendidikan agama bercorak nasionalis moderat pertama di nusantara dan demi kelestarian ajaran islam Ahlussunah wal Jamaah, PCNU Tapteng akan terus bergerak ke bawah dan membentuk ranting di desa-desa serta merawat dan memperkuat ranting-ranting yang sudah ada. “Insya Allah Tapteng akan bisa akan kuat Ahlussunahnya,” ujar pria yang juga menjabat Kepala MTs Bintang Sembilan Sibabangun ini.

Dia juga menegaskan, seluruh pengurus yang dilantik telah berkomitmen kuat menegakkan keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berdasarkan Pancasila sebagai bentuk dan sistem kenegaraan yang islami. “Komitmennya ya itu, menguatkan dan memperluas kebersamaan dalam meneguhkan integrasi nasional dalam suasana yang damai, persaudaraan, dan saling berbagi untuk persatuan dan kemajuan bangsa,” pungkasnya. (ztm/rb)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button