Berita

Dihantam Banjir dan Longsor: Jalan Alternatif Siantar-Tanah Jawa Lumpuh

TANAH JAWA, FaseBerita.ID – Jalan penghubung Siantar dan Tanah Jawa putus total. Transportasi lumpuh total, akibat banjir dan longsor yang menghantam jalan alternatif, Senin (11/11/2019).

Jalan penghubung Siantar-Tanah Jawa sejatinya sudah putus tepatnya di Nagori Marubun Jaya sejak sebulan lalu.

Untuk mengatasinya, masyarakat mengambil jalan alternatif dari Blok 10 dan juga dari pepohonan sawit di sekitar lokasi jalan putus.

“Kami sengaja pulang cepat dari Siantar biar tak kena banjir. Ternyata jalannya sama sekali tak bisa dilalui. Ntahlah, sampai kapan warga Tanah Jawa ini menderita gara-gara jalan putus ini, ” kata Esra Tambunan, salah seorang warga yang bingung pulang ke rumahnya di Nagori Marubun.

Kondisi jalan putus ini berakibat pada setiap hujan, jalan alternatif tak bisa dilalui.

“Sudah hampir dua jam saya nunggu agar bisa lewat. Tapi ngak bisa juga. Ini ada jembatan nganggur kenapa tak dipasang? Pemerintah harus bergerak cepat mengatasi ini,” kata Iwan, warga Tanah Jawa lainnya.

Kondisi jalan alternatif hingga pukul 17.30 WIB belum bisa dilalui. Ribuan kendaraan roda dua dari arah Siantar ke Tanah Jawa juga arah sebaliknya tertahan di pinggir jalan.

Sementara itu, L Sihotang warga lainnya sangat mengharapkan tanggung jawab pihak PTPN 4 Kebun Marihat atas kondisi jalan tersebut.

Putusnya jalan tersebut, karena aliran air dari kebun sawit yang dibuang ke lokasi jalan, putus. Kalau saja airnya dialihkan ke Sungai Andarasih tidak akan separah sekarang ini kondisi jalan. (leo)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button