Berita

Diduga Korsleting, Dua Rumah Terbakar

MEDAN, FaseBerita.ID – Dua unit rumah di Jalan Merica Raya, Komplek Perumnas Simalingkar, hangus terbakar, Kamis (10/10). Belum diketahui pasti sebab kebakaran kedua rumah tersebut.

“Ya, total ada 2 rumah yang kebakaran di Perumnas Simalingkar itu. Sebabnya belum diketahui, kemungkinan masih karena arus pendek listrik,” ucap Kepala Dinas Kebakaran Kota Medan Albon Sidauruk, Kamis (10/10/2019).

Kata Albon, kebakaran itu sendiri dikabarkan kepada pihaknya di Dinas Pemadam Kebakaran Kota Medan sekira pukul 08.00 WIB. “Begitu dapat kabar, personel pemadam kebakaran langsung turun kesana, total ada 7 unit mobil pemadam. 5 dari markas kita, sisanya dari Deliserdang karena sebenarnya wilayah rumah yang kebakaran itu ada di wilayah Pemerintah Deliserdang, bukan Pemerintah Kota Medan,” ujarnya.

Dijelaskan Albon, pihaknya tidak menemui kesulitan memadamkan api di dua rumah tersebut. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam kebakaran itu. “Sekitar setengah jam kita sudah berhasil melakukan pemadaman, sampai jam 9 kita sudah selesai melakukan proses pendinginan,” jelasnya.

Untuk itu, Albon mengimbau kepada setiap warga Kota Medan agar lebih peduli terhadap hal-hal yang berpotensi menyebabkan kebakaran pada bangunannya. Karena menurut data yang ada, hampir seluruh peristiwa kebakaran yang terjadi adalah sebab kelalaian pemilik bangunan itu sendiri.

“Mulai dari arus pendek sampai alat memasak, inilah yang paling sering menyebabkan kebakaran. 90 persen penyebab kebakaran itu karena arus pendek,” katanya. Maka, Albon mengimbau setiap pemilik rumah agar menggunakan instalasi listrik yang sesuai dengan standar dan tidak melakukan pencurian arus. “Begitu juga dengan alat memasak, jangan pernah tinggalkan alat masak dalam kondisi hidup dengan alasan apapun, walaupun untuk waktu yang singkat,” pungkasnya. (map/ala/smg)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button