Berita

Di Tengah Pandemi Virus Corona, Taspen Tetap Berikan Layanan Terbaik

SIANTAR, FaseBerita.ID– PT TASPEN (Persero) terus berkomitmen untuk memberikan layanan bagi nasabah, khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pensiunan di tengah merebaknya virus corona. Salah satu bentuk pelayanan khusus di saat pandemi virus corona, yakni program Pensiun Sehat Tanpa Corona (Pesona).

Sehubungan dengan ditetapkannya perpanjangan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia oleh BNPB, maka sebagai salah satu BUMN yang memiliki bisnis berkaitan dengan pelayanan publik, Taspen menerapkan physical distancing atau jaga jarak fisik dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Untuk itu, pelayanan pembayaran pensiun April 2020 melalui perbankan tidak dilakukan dengan kehadiran fisik atau secara langsung, uang pensiun para pensiunan bisa diambil langsung melalui ATM.

Menurut Branch Manager PT Taspen Pematangsiantar Deddy Helmia Gunawan melalui Manager Umum dan SDM Harry Saputra, sejauh ini ada beberapa layanan yang memang ditiadakan sampai kondisi darurat bencana wabah dinyatakan dicabut oleh pemerintah. Salah satunya adalah enrollment atau perekaman data biometrik.

Meski begitu, para penerima manfaat pensiun yang sudah melakukan enrollment, diimbau untuk melakukan otentikasi melalui aplikasi Taspen Otentikasi (Biometrik) di handphone. Sedangkan bagi penerima pensiun yang belum melakukan enrollment pada kantor bayar, maka uang pensiun April 2020 dapat diambil di ATM, setelah mendapatkan otorisasi melalui video call oleh masing-masing perbankan kantor bayar penerima pensiun.

Pelaksanaan video call ini akan diinformasikan melalui SMS dan Whatsapp sebelum tanggal pembayaran. Selanjutnya untuk pembayaran pensiun, penerima pensiun dapat mengambil uang pensiunnya melalui Automatic Teller Machine (ATM) kantor bayar masing-masing.

Harry menambahkan, menindaklanjuti arahan dari Kantor Pusat, maka pelayanan mobil layanan taspen juga untuk sementara ditiadakan sampai dengan batas waktu yang ditetapkan kemudian. “Jadi ada beberapa layanan yang ditiadakan sementara, seperti enrollment dan mobil layanan Taspen.

Sementara pengajuan dokumen fisik Surat Permohonan Pembayaran (SPP) Klim dan Surat Permohonan Non Klim dilakukan melalui media elektronik (e-Klim) atau jasa pengiriman. Media elektronik pengajuan klim dilakukan melalui aplikasi e-Klim yang dapat diakses pada www.taspen.co.id,” katanya.

Guna mencegah menyebarnya Covid-19, manajemen Taspen mengimbau para ASN dan pensiunan yang akan mengajukan permintaan pembayaran manfaat Program Taspen dan atau penyelesaian administrasi untuk sementara waktu tidak datang ke Kantor Cabang Taspen.

“Bagi para ASN dan para penerima pensiun yang akan melakukan permintaan pembayaran manfaat Program Taspen atau penyelesaian administrasi di Taspen diharapkan menggunakan aplikasi e-klim yang ada di website Taspen. Sedangkan untuk peserta yang membutuhkan informasi terkait ketaspenan bisa membuka aplikasi Taspen Mobile” tukasnya.(hez/rel/int)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button