Berita

Di Tapsel, 44 TKA Bersih dari Virus Corona

TAPSEL, FaseBerita.ID – Sebanyak 44 Tenaga Kerja Asing (TKA) yang beraktivitas di areal pembangunan PLTA Batangtoru, Kabupaten Tapsel, sejauh ini, dinyatakan bersih dari virus corona.

Hal itu setelah dilakukan pemeriksaaan sekaligus peninjauan yang dipimpin Sekda Tapsel Parulian Nasution bersama Dinas Kesehatan, Dinas Ketenagakerjaan dan Humas Tapsel beberapa hari lalu.

Kabag Humas Pemkab Tapsel Isnut Siregar pada wartawan menyebut, tenaga kerja asing (TKA) asal Cina yang bekerja di PLTA Batangtoru ditinjau, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona yang awalnya berasal dari Wuhan, Cina.

Sekda Tapsel Parulian Nasution mengatakan, atas nama Pemkab Tapsel menyampaikan keprihatinan atas merebaknya wabah virus corona.

“Berangkat dari keadaan itu kami disurati oleh Menteri Kesehatan RI untuk mengkoordinasikan dimanapun TKA yang berada di seluruh Indonesia dalam upaya mencegah berkembangnya virus corona. Oleh karena itu, kami perlu mendapatkan informasi berapa orang TKA asal Cina yang ada di perusahaan ini. Kemudian saya minta kepada pihak perusahaan untuk tidak ada TKA yang akan kembali ke site Sipirok dan Marancar sampai ada pernyataan dari Negara RRC bahwasanya negara tersebut bebas dari virus corona,’’ ungkapnya.

Pada kunjungan itu, Dinas Kesehatan Tapsel melakukan medical check up terkait virus corona, dimulai Rabu 29 Januari 2020 dan selanjutnya akan terus dilakukan medical check up sampai semua karyawan TKA telah dinyatakan bersih dari virus corona.

Pimpinan perusahaan Sydro Energy Coorperation dan North Sumatera Hydro Energy menyebut TKA asal Cina yang ada di perusahaan tercatat 44 orang.

Kadis Kesehatan Tapsel dr Sri Khairunnisa pada kesempatan itu juga menghimbau seluruh karyawan yang ada di perusahaan untuk lebih meningkatkan pola hidup bersih dan sehat. Mencuci tangan secara rutin sebelum memegang hidung, mata dan mulut.

“Cuci tangan dengan menggunakan air dan sabun cair serta bilas setidaknya selama 20 detik dan keringkan dengan tisu sekali pakai. Atau menggunakan alkohol 70-80 persen. Menutup hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk dan Ketika memiliki gejala saluran nafas gunakan masker dan jangan makan bahan makanan yang bukan sewajarnya seperti Katak, Kelelawar, Ular dan lain-lain,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan medical check up kepada 3 orang karyawan tenaga kerja asing asal Cina ke Rumah Sakit Umum Kabupaten Tapsel yang diperiksa oleh dr. Niki Bakti P, Sp.P, dan hasil dari pemeriksaan fisik dan laboratorim tidak ada ditemukan gejala pneumania yang mengarah kepada terinveksi virus corona. (ran)

Unefa

Pascasarjana

Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close