Berita

Di Sinunukan, Kotak C1 Tidak Disegel Rekapitulasi Suara Ditunda

FaseBerita.ID – Rekapitulasi penghitungan suara di tahap Kecamatan di Kecamatan Sinunukan, terpaksa ditunda sampai hari ini, Senin (29/4). Penyebabnya, para saksi menemukan kotak suara yang tidak disegel.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PKK) Muhammad Faisar Hasibuan, menyebut, tahapan rekapitulasi penghitungan di tingkat kecamatan Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal telah dimulai pada 22 April kemarin di Balai Desa Sinunukan dan telah menyelesaikan rekapitulasi lima desa.

Ketika rekapitulasi dilakukan pada desa keenam tepatnya di Desa Sinunukan 4, pada Kamis (25/4) kemarin ditemukan kejanggalan. Dari 4 kotak, ditemukan tiga di antaranya tidak bersegel.

“Kejadian itu memang benar adanya pada rekapitulasi yang dilakukan pada Kamis (25/4) sekitar jam setengah sepuluh malam. Hal ini juga telah diketahui Panwascam Sinunukan karena dalam proses penghitungan turut juga Panwascam,” ungkap Faisar.

Ia pun menambahkan, rapat pleno rekapitulasi suara di tingkat Kecamatan Sinunukan dilaksanakan secara terbuka dihadiri Muspika setempat dan masyarakat. “Intinya rapat pleno kita lakukan terbuka, transparan, dihadiri saksi, panwas dan masyarakat,” katanya.

Tertanggal 27 April Kemarin, Ketua Panwascam Sinunukan Hikmat Sahid Habibillah mengeluarkan surat rekomendasi agar rekapitulasi dihentikan. Sebelumnya ada 20 kotak yang disegel tidak pada lokasi penggembokan dan 1 kotak di antaranya tidak dikaitkan pada penutup dan gembok tidak disegel.

Dan di sini ditemukan satu sampul C1 perhitungan suara untuk DPRD Provinsi, tidak tersegel dari TPS 01 di Desa Sinunukan 4.

Anggota Panwascam Sinunukan lainnya, Idris menerangkan, dari hasil penyelidikan dan klarifikasi dengan KPPS. Mereka telah menemukan hasil, namun ia masih enggan memberi tahu apa persoalan utamanya.

“Tunggu pleno dulu. Besok Bawaslu Madina yang kemari (Sinunukan) dan rekapitulasi akan terus dilakukan,” ungkapnya dari sambungan telepon, Minggu (28/4). (san)

iklan usi



Back to top button