Berita

Dermaga Balige Dirancang Bertaraf Internasional

TOBASA, FaseBerita.ID – Dermaga Balige yang berada di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) saat ini sedang dalam proses pembangunan. Ditargetkan dermaga tersebut menjadi dermaga terbaik kedua di Danau Toba setelah dermaga Ajibata untuk melayani sejumlah jasa transportasi di kawasan Danau Toba.

“Informasi yang kita terima, dermaga Balige akan dibangun dengan fasilitas bertaraf internasional. Di sana tersedia ruang tunggu, terminal, serta ruang dermaga yang bagus. Nantinya menjadi dermaga terbaik kedua di Danau Toba setelah Dermaga Ajibata yang juga sedang dalam proses pembangunan,” tutur Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tobasa Ir Pargaulan Sianipar ketika diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (24/10/2019).

Dipaparkan, pembangunan dermaga Balige dilaksanakan secara bertahap dengan target rampung selama 3 tahun. Tahap pertama yang sedang dilaksanakan saat ini adalah proses pemancangan dengan anggaran sebesar Rp6.757.874.612 dari Kementerian Perhubungan, Ditjend Perhubungan Darat.

Menurutnya, Dermaga Balige menjadi solusi mengatasi kemacetan yang kerap terjadi di dermaga Ajibata. Disamping itu, Dermaga Balige dirancang sebagai salah satu pintu masuk wisata Danau Toba, khususnya wisatawan yang menggunakan jasa Bandara Silangit.

“Begitu dermaga rampung, kemudian kapal seperti KMP Ihan Batak yang sekarang dalam proses pembangunan di Porsea juga rampung, maka akan dibuka rute ferry Balige – Onanrunggu. Sehingga pengunjung tidak harus terjebak super macet yang kerap terjadi di Ajibata,” jelasnya.

Kita berharap, tambahnya, proses pembangunan dermaga dan kapal berjalan dengan baik dan tentunya mendapat dukungan juga dari masyarakat. Di mana setelah rute Balige – Onanrunggu dibuka, maka  bertambah pula peluang wisata di wilayah kita,” tandasnya. (ft/osi)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close