Berita

Demi Anak Cucu, Mari Lestarikan Ekosistem Sungai Barumun

PALUTA, FaseBerita.ID – Guna menjaga kelestarian lingkungan dan kelanjutan kehidupan ekosistem kehidupan sungai, Koperasi Parsadaan Simangambat dan Ujung Batu (Parsub) Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan konservasi sungai Barumun dengan penaburan bibit ikan Baung ke aliran sungai Barumun yang melintas di Kecamatan Simangambat dan Ujung Batu, Sabtu (9/3).

Penaburan bibit ikan Baung sebanyak 20 ribu ekor bibit ikan Baung yang mengangkat tema ‘Melestarikan sungai Barumun demi anak cucu kita’ dihadiri oleh Bupati Andar Amin Harahap, Ketua Parsub Safaruddin Siregar, dewan penasehat hukum Parsub Mara Samin Ritonga, anggota DPRD Paluta Panggana Siregar dan Alamsyah Hasibuan, Kadis Lingkungan Hidup Paluta Mara Hamid Harahap, kadis Pertanian Paluta Sarwedi Harahap, Dinas Perikanan, Koramil 05/PB, Pospolsubsektor Simangambat, pimpinan sejumlah perusahaan perkebunan di wilayah kecamatan, para kepala desa, tokoh masyarakat beserta ratusan masyarakat sekitar.

Dalam sambutan Ketua Koperasi Parsub Safaruddin Siregar menyampaikan kegiatan konservasi Sungai Barumun dengan penaburan bibit ikan Baung merupakan satu langkah untuk pelestarian ekosistem di sungai Barumun yang menjadi salah satu sumber kehidupan masyarakat sejumlah desa si wilayah kecamatan Simangambat dan Ujung Batu.

Katanya, melihat banyaknya kerusakan yang terjadi dan berkurangnya habitat ikan di aliran sungai Barumun yang diduga diakibatkan oleh perilaku tidak baik dari sejumlah oknum masyarakat maupun oknum perusahaan yang membuat tercemar air sungai Barumun, pihak koperasi Parsub dan masyarakat berinisiatif untuk melakukan konservasi sebagai langkah dalam memberikan contoh bagi generasi muda untuk melestarikan ekositem di sungai Barumun demi kepentingan masyarakat banyak.

Baca: Yuk Mampir ke Paviliun Paluta: Ada Dodol, Kopi, juga Kain Tenun

“Kami bukan anti investor, kami menyambut baik dengan kehadiran pihak perusahaan yang berinvestasi, tapi kami meminta agar jangan merusak lingkungan khususnya sungai Barumun dengan aktivitas perusahaannya,” katanya.

Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat dan pihak perusahaan yang hadir agar bersama-sama menjaga kelestarian habitat dan kebersihan sungai Barumun ke depannya dengan tidak melakukan aktivitas yang dapat merusak seperti meracun, menyetrum, membuang sampah ataupun limbah berbahaya khususnya bagi pihak perusahaan yang memiliki pabrik.

Pada kesempatan ini, ia juga berharap agar pihak Pemkab Paluta maupun pihak penegak hukum agar ikut berperan dalam mewujudkan program konservasi sungai Barumun ini untuk kepentingan masyarakat secara turun-temurun.

“Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung, dan kepada Pemkab Paluta, kami berharap ke depannya lebih berperan dalam kelestarian lingkungan sungai Barumun beserta habitatnya,” ucapnya.

Sementara, Bupati Andar Amin Harahap dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang mendalam kepada pihak panitia dalam hal ini koperasi Parsub dan masyarakat sekitar yang telah menginisiasi kegiatan konservasi sungai Barumun dengan penaburan bibit ikan Baung.

Dikatakannya, dengan langkah kepedulian terhadap ekologi dan habitat mahluk hidup khususnya di sungai Barumun yang menjadi salah satu sumber air dan kehidupan bagi masyarakat sejumlah desa diharapkan bisa memberikan pembelajaran bagi seluruh elemen masyarakat maupun pihak perusahaan untuk memelihara kelestarian dan kebersihan sungai.

“Semoga ini menjadi langkah awal bagi kita semua agar bersama untuk menjaga kelestarian sungai yang nantinya menjadi salah satu sumber kehidupan masyarakat khususnya di kecamatan Simangambat dan Ujung Batu,” katanya.

Untuk itu, pihak Pemkab Paluta sangat mendukung kegiatan konservasi sungai Barumun yang diprakarsai oleh pengurus koperasi Parsub ini dengan terus meningkatkan perannya dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya di sungai Barumun.

Ia juga berpesan agar semua pihak khususnya pihak perusahaan perkebunan maupun pabrik agar terus meningkatkan kepeduliannya terhadap kelestarian sungai Barumun yang belakangan ini diketahui kondisinya sudah mulai memburuk dengan tidak membuang sampah atau limbah aktifitas perusahaannya ke dalam sungai Barumun serta ikut berperan melalui program CSR atau yang lainnya untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan.

“Pemerintah akan terus hadir untuk upaya peningkatan kepedulian terhadap lingkungan hidup khususnya sungai Barumun dan kepada semua pihak khususnya perusahaan perkebunan atau pabrik agar tetap peduli lingkungan hidup dengan tidak membuang limbah kedalam sungai Barumun,” tegasnya.

Ketua panitia pelaksana kegiatan konservasi sungai Barumun Sutan Harahap menyampaikan bahwa benih yang ditabur sebanyak 20 ribu ekor benih ikan Baung.

Katanya, penaburan benih ikan Baung ini dilakukan di dua tempat yakni di aliran sungai Barumun yang ada di desa Simangambat Julu tepatnya di jembatan Panton sebanyak 12 ribu ekor dan 8 ribu ekor sisanya ditaburkan di aliran sungai yang berada di wilayah desa Ujung Batu Jae, Kecamatan Ujung Batu. (ais)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button