Berita

Dekranasda Taput Beri Pelatihan Pewarnaan Alami dan Benang Bagi Petenun

TAPUT,FaseBerita.ID – Ketua Dekranasda Tapanuli Utara (Taput) Satika Simamora didampingi Sekretaris Herli Sinaga, dan Bendahara Linna Hutagaol menggelar pelatihan pewarnaan alami dan benang bagi penenun di lima kecamatan, Senin (16/12).

Satika Simamora turun langsung mengunjungi sekitar 200 peserta pelatihan, diadakan di lima kecamatan yaitu, Kecamatan Adiankoting, Siatas Barita, Tarutung, Sipoholon dan Kecamatan Muara.

Dimana, ulos dari Tapanuli Utara sudah mencapai go internasional yang patut dibanggakan, tentu berkat dari penenun bekerjasama dengan Dekranasda para pengraji tenun.

” Dalam pelatihan ini, para peserta harus kompak untuk memahami apa yang dipelajari dengan benar mengambil ilmu dan arahan bimbingan dari pelatih instruktur,” kata Satika.

Dikatakan, rajin belajar untuk menerima pendapat dari orang lain untuk menghasilkan tenunan bagus dan indah, pewarna alam yang terbuat dari bahan alpukat, kunyit, serta ubi jalar tidak ada efek, daripada memakai bahan kimia.

“Kita harus mencintai produk kita, kalau sudah jadi akan kita promosikan untuk dipasarkan,” jelasnya.
Ditambahkan, pilihan konsumen seiring semakin besarnya kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup selaras dengan alam, produk-produk dengan bahan natural semakin menjadi pilihan konsumen.

Pelatihan pewarnaan alam ini langsung menghadirkan pelatih intrukstur Junjung Hutabarat, Diva Hutabarat, Surlina Nainggolan Maria Sinaga dan Erison Siregar. (as/ahu)



Unefa

Pascasarjana
Back to top button