Berita

Debat Publik Hanya Dihadiri Cakada dan 4 Orang Tim, Ini Materinya

JAKARTA, FaseBerita.ID-Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadwalkan debat publik para pasangan calon kepala daerah di Pilkada serentak 2020 pada 26 September-5 Desember 2020‎. Komisioner KPU, I Dewa Kade Wiarsa Raka ‎menjelaskan nantinya debat publik hanya akan dihadiri oleh pasangan calon. Kemudian empat orang tim kampanye pasangan calon. Dipastikan pendukung pasangan calon dilarang hadir di tempat debat.

“Jadi hanya dihadiri oleh pasangan calon‎ dan empat orang tim kampanye paslon,” ujar Raka dalam diskusi secara virtual di Jakarta, Jumat (2/10).

Selain pasangan calon, KPU juga mengundang masing-masing dua orang perwakilan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi, kabupaten, dan kota. “KPU provinsi atau KPU kabupaten/kota dapat menghadirkan undangan dalam jumlah terbatas,” katanya.

Selanjutnya KPU juga mengundang tujuh atau lima anggota KPU provinsi atau lima orang KPU kabupaten/kota. Semua peserta yang hadir wajib menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Wajib menerapkan protokol kesehatan pencegahan dalam pengendalian Covid-19,” ungkapnya.

Raka memaparkan materi debat pada kondisi pandemi Covid-19 terbagi menjadi tujuh materi. Berikut ini materi debat publik terbuka dalam kondisi pandemi Covid-19.

Materi Debat Cakada:

1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
2. Memajukan daerah
3. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat
4. Menyelesaikan persoalan daerah
5. Menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten, kota, dan provisi dengan nasional
6. Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebangsaan
7. Kebijakan dan strategi penanganan, pencegahan, dan pengendalian Covid-19.(jp/fi)





Back to top button