Berita

Danrem 023/KS Hadiri Pembukaan TMMD ke 105

Terwujudnya Masyarakat Adil, Makmur, dan Sejahtera

FaseBerita.ID – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah Kodim 0212/TS, Korem 023/KS tahun ini di pusatkan di Lapangan Desa Huta Raja Lamo, Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas. Upacara pembukaan dihadiri oleh Bupati Palas, H Ali Sutan Harahap dan Danrem 023/KS Kol Inf Tri Saktiyono, Rabu (10/7/2019).

TMMD mengusung tema, bersama TMMD membangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ali Sutan, dalam sambutannya berharap melalui kegiatan tersebut, terjalin kerjasama yang baik antara TNI, Polri dan sipil.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Padang lawas mengucapkan terima kasih kepada segenap jajaran TNI, khususnya Danrem 023/ Kawal Samudera, Dandim 0212/ Tapanuli Selatan dan Danyonif 123/ Rajawali, Danramil se-kabupaten Padang Lawas yang begitu gigih untuk mensukseskan acara pelaksanaan kegiatan TMMD ke-105 Tahun 2019 di Desa Huta Raja Lamo, Kecamatan Sosa, Kabupaten padang Lawas. Tentunya, terkait kegiatan dimaksud, pemerintah Kabupaten memiliki harapan terhadap peningkatan jalinan kerjasama antara seluruh instansi balk TNI, Polri, Sipil di wilayah Kabupaten Padang Lawas, dalam konteks peningkatan kesejahteraan masyarakat pada seluruh aspek kehidupan,” kata Ali Sutan, Rabu (10/7/2019).

Turut hadir pada upacara tersebut, para Dandim jajaran Korem 023/KS, Kabalak Aju /Korem 023/KS, unsur Forkompimda, Kepala SKPD, tokoh masyarakat, Ormas, Pramuka serta pelajar lainya.

Dalam kaitan tersebut, Pemerintah Daerah katanya memiliki pandangan, bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TNI merupakan perwujudan tugas pokok TNI.

Sebagaimana dimaksud dalam undang-undang nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia. Yakni, membantu tugas pemerintahan daerah.

“Membantu dalam hal ini, tentunya berkenaan dengan peran TNI, selaku bagian dari komponen negara dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat diwilayah tugasnya,” ungkapnya.

Tak hanya itu, dalam hubungannya dengan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, kegiatan TMMD tentu merupakan bagian dari perwujudan pelaksanaan urusan pemerintahan umum.

Sebagaimana dimaksud dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Aspek legal terlibatnya TNI dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, penting untuk diketahui. mengingat masih adanya stigma masa lampau yang menganggap TNI masih belum sepenuhnya berkonsentrasi terhadap tugasnya.

“Sehingga niat baik pun sering dianggap salah, dan tidak sedikit diantara kita terjebak dalam kehati-hatian yang berlebihan. Yang sebenarnya justru dapat menghambat pelaksanaan tugas pokok TNI. Kita harus senantiasa mengembangkan prasangka baik dan pemikiran konstruktif, terkait dengan pelaksanaan tugas pokok TNI. Kita menyadari, bahwa masyarakat Kabupaten Palas yang tingkat kesejahteraan masih rendah, untuk itu dibutuhkan perhatian dan percepatan penanganan yang lebih optimal,” tegasnya.

Sebagai kepala daerah, Ali Sutan mengaku menyadari, benar bahwa pola kerjasama lintas sektoral dan koordinasi antar pemangku kebijakan maupun pemangku kepentingan, akan lebih efektif dalam mewujudkan tujuan pembangunan Daerah. Seperti dilakukan jajaaan TNI pada saat ini, membangun Desa melalui kegiatan TMMD ke-105, korelasinya dengan upaya kita bersama dalam mengakselerasi tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Yaitu terwujudnya masyarakat adil, makmur, dan sejahtera. Dalam konteks inilah semua pihak harus dapat memahami dan menangkap pemikiran tentang konsepsi tugas pokok TNI yang salah satunya terkait dengan membantu tugas pemerintahan daerah pada umumnya. Serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah khususnya.

“Selain itu selaku komponen masyarakat, kita harus memahami benar bahwa TNI mewarisi nilai perjuangan masa lalu yang hidupnya tidak lepas dari rakyat. Berdasarkan hal-hal yang telah saya uraikan tersebut, terkait dengan pelaksanaan tugas pokok TNI, atas nama pemerintah Kabupaten Padang Lawas kami menyatakan dukungan penuh atas pelaksanaan tugas-tugas TNI didaerah kami,” pungkasnya.

Adapun pembangunan fisik yang akan dilakukan, diantaranya pembangunan Jalan Baru Desa Hutaraja hingga Desa Mondang dengan membuka akses jalan baru sepanjang 4.500 meter. Kegiatan non fisik, seperti penyuluhan hukum serta penyuluhan tentang pentingnya meningkatkan pola hidup sehat hingga meningkatkan keimanan dan bahayanya kejahatan narkoba.

Pembukaan TMMD ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati didampingi Danrem 023/KS dan Forkopimda. (ts)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close