Berita

Dandim 0211/TT Pimpin Pemadaman Karhutla di Badiri

TAPTENG, FaseBerita.ID – Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex memimpin pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi Kecamatan Badiri, Tapanuli Tengah (Tapteng), Selasa (17/9/2019) lalu.

Begitu mendapat informasi adanya karhutla, Letkol Inf Dadang Alex langsung terjun ke lokasi. Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani juga turun ke lokasi karhutla di perbukitan Kelurahan Hutabalang, Kecamatan Badiri.

Tak hanya itu, sejumlah personil Koramil pun diterjunkan untuk membantu petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) bersama Satpol PP dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tapteng.

Titik api di perbukitan itu diketahui oleh masyarakat pada Selasa (17/9/2019) pagi sekitar pukul 10.00 WIB dan semakin membesar pada pukul 18.00 WIB. Kebakaran kemudian meluas sampai sekitar 15 Ha.

Untuk mengatasi Karhutla itu, Pemkab Tapteng mengerahkan 2 unit Mobil Damkar dengan personil 40 orang. Mobil Damkar Pemko Sibolga 2 unit dengan personil 30 orang, Damkar Bandara FL Tobing 1 unit beserta personilnya. Kemudian BPBD Tapteng mengerahkan 1 unit Mobil SRC dengan 60 orang personil. Kebakaran meluas hingga jauh ke perbukitan.

Personil gabungan berjibaku masuk ke lokasi kebakaran di perbukitan untuk mencegah meluasnya kebakaran.
Pada kesempatan itu, Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex mengimbau kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan. “Apalagi saat ini sedang musim kemarau,” ujarnya.

Masyarakat juga diminta untuk peduli dan waspada terhadap kebakaran hutan dan lahan yang rawan terjadi pada musim kemarau.

“Saya minta dan berharap agar masyarakat untuk tidak membakar lahan dan kebun di musim kering saat ini. Apalagi musim kemarau yang disertai anging kencang, membuat api semakin mudah membesar dan cepat merambat,” tandasnya. (rel/rb)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button