Berita

Dana Kotaku Diprioritaskan Bangun Drainase dan Rabat Beton

ASAHAN, FaseBerita.ID – Tahun 2019, Dana Kotaku untuk Kelurahan Sentang Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan mencapai Rp 1,5 miliar.

Demikian dikatakan Syamsul selaku Lurah Sentang di kantornya di Kelurahan Sentang (1/11/2019). Belum lagi dana Kelurahan yang mencapai Rp 350 juta, perealisasian anggaran itu diprioritaskan peda perealisasaian bangunan drainase dan pembangunan jalan rabat beton hingga ratusan meter di sejumlah ruas jalan lingkungan.

“Perealisasian dana Kotaku dipegang Ketua Dana Kotaku Edi Warga Jalan Prona Kelurahan Sentang. Jika masyarakat ingin memonitor kegiatan diharapkan berkoordinasi langsung dengan Edi. Informasi yang diperoleh Edi bekerja sama dengan Panglong disamping kantor lurah. Untuk Dana Kelurahan dilibatkan anggota masyarakat setempat,” kata Syamsu.

Syamsul juga berharap masyarakat tidak segan mengawasi kegiatan membangun infrastruktur kelurahan agar hal-hal kurang baik dapat ditemukan di lapangan. “Laporkan ke penegak hukum bila perlu ke BPK jika masyarakat menemukan kejanggalan yang dilakukan kuasa pengguna anggaran baik dari ketua Kotaku dan Ketua Pokmas,” tegas Syamsul.

Diakuinya miliaran rupiah diterima masyarakat Kelurahan termasuk dana dari Perkim namun ia menyayangkan belum adanya program Dana Badan Usaha Kelurahan (Bukmkel) untuk menopang ekonomi masyarakat yang masih lemah dalam penghasilan, ia tidak menampik program tahun 2020 Bumkel ada di kelurahan yang ia pimpin.

Sementara itu Camat Kisaran Barat Irwadi telah memerintahkan Lurah agar tranparan terhadap uang APBD dan APBN dari sejumlah kelurahan yang ia bawahi.

Sementara itu Mus (36) didampingi Ari (38) warga setempat berharap pengusa pengguna anggaran tidak main-main dan terkesan nepotisme  dalam merealisasikan anggaran. Keduanya tetap mengaharapkan tranparansi anggaran dan independensi penunjukan pengurus dana agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial di tengah masyarakat kelurahan. (cr1/rah)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close