Berita

Dana Kelurahan Sindar Raya Prioritas untuk Infrastruktur

FaseBerita.ID – Pelaksanaan dana kelurahan tahun 2019 di Kelurahan Sindar Raya Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun, telah berjalan peruntukannya sesuai hasil musrembang tingkat kelurahan.

Pengucuran dana yang diatur dalam Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 130 tahun 2018 ini diprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur, sebagian untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Pelaksanaannya juga diawasi oleh masyarakat, pemerintah kecamatan, kabupaten dan aparat penegak hukum.

Kegiatan monitoring, evaluasi, konsultasi dan pemeriksaan ke lapangan dilakukan untuk memastikan dana sesuai peruntukannya serta tidak diselewengkan.

Lurah Sindaraya L Candra Harahap, Kamis (24/10/2019) mengatakan, dana kelurahan yang di kelolanya bersama masyarakat kelurahan untuk kali ini digunakan untuk pembangunan parit pasangan dan perkerasan jalan.

Parit pasangan sepanjang 157 meter dengan pagu anggaran Rp 74.771.771 dan perkerasan jalan telford sepanjang 560 meter dengan pagu Rp 232.651.975.

“Tujuan dana kelurahan adalah meningkatkan kesejahteraan rakyat, baik melalui pembangunan infrastruktur maupun peningkatan pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan keterampilan yang dapat menambahkan pendapatan warga,” kata Chandra Harahap.

Dengn motto ‘Mari Membangun’ lanjut Chandra, pihaknya berharap masyarakat aktif berpartisipasi dalam pembangunan. Pembangunan dilaksanakan secara bertahap.

“Kita berharap semua warga nantinya menerima manfaat dari dana kelurahan. Pembangunan infrastruktur tujuannya untuk memperlancar usaha, transportasi masyarakat,” katanya.

Secara bertahap semua lingkungan akan merasakan hasil pembangunan, namun tetap berpatokan kepada skala prioritas hasil musyawarah. Secara otomatis pelaksanaan pembangunan melalui dana kelurahan, meningkatkan perputaran ekonomi dan membuka lapangan kerja bagi warga. Karena pengerjaannya memprioritaskan tenaga masyarakat setempat. (her)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close