Berita

Dairi Rawan Longsor dan Banjir: Bupati Minta Bantuan JICA dan UNDP Indonesia

FaseBerita.ID – Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu mengungkapkan kondisi geografis dan topografi Dairi, dimana sebagian wilayah rawan terjadi bencana alam seperti tanah longsor, banjir bandang dan gempa bumi.

Kondisi itu disampaikan Bupati Eddy KA Berutu saat menghadiri peringatan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Tahun 2019 yang dipusatkan di alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, belum lama ini.

Peringatan PRB dibuka Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo didampingi Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah.

Dalam kesempatan tersebut, Eddy Berutu menemui perwakilan dari JICA Indonesia, Goto Shinya dan perwakilan dari UNDP, Ranjit Jose untuk menyampaikan kondisi kebencanaan di Dairi.

Bupati berharap bantuan JICA dan UNDP dalam penanganan bencana, serta bilamana terjadi bencana.

Sementara itu, Kepala BNPB, Doni Monardo meminta komitmen para kepala daerah untuk penanggulangan bencana terus dijaga terutama mitigasi bencana. Mitigasi dengan pendekatan mengubah pola pikir masyarakat untuk menjaga alam. Doni berpesan, agar Pemerintah Daerah bisa meningkatkan riset terkait kebencanaan dimaksud. (rud/han)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button