Berita

Dairi Diguncang Gempa

SIDIKALANG, FaseBerita.ID – Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut) diguncang gempa bumi tektonik, Jumat (20/9/2019) sekira pukul 09.43 WIB. Gempat berkekuatan magnitudo M= 3.0 dengan kedalaman 5 kilometer, Episenter berada pada koordinat 2.72 LU dan 98.44 BT, berlokasi di darat berjarak 16 kilometer Timur Laut dari Sidikalang.

Hasil analisi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat aktivitas sesar renun. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip fault).

Gempa bumi tersebut dirasakan di Sidikalang II- III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga kemarin sore belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi. Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami.

Hingga pukul 11.10 WIB Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Juga menghindari dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke rumah. (rel/pra)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker