Berita

Curi Motor yang Diparkir di Pinggir Sawah, 3 Pemuda Ini Diamankan

FaseBerita.ID – Warga Desa Lalang Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara dibuat geram dengan maraknya aksi pencurian sepedamotor yang sering terjadi terutama saat warga memakirkan kenderaan mereka di tepi sawah, sementara pemiliknya sedang bekerja menanam padi.

Ternyata, keresahan dan misteri siapa pelaku aksi pencurian tersebut terungkap, setelah tim satuan reserse kriminal (Reskirim) dibantu warga berhasil  membongkar identitas pelaku kejahatan pencurian sepedamotor yang membuat resah terutama di kalangan petani.

Berawal saat tertangkapnya salah seorang pelaku yang diciduk warga. Tak lama dua pelaku lainnya berhasil diringkus polisi juga.

Ketiganya, SO alias Hendro (22) warga Dusun X Impres, Desa Sei Semujur, Kecamatan Laut Tador, Kabupaten Batu Bara. Kemudian, PI alias Andi Kacong (30), warga Dusun VI, Kampung Tempel, Desa Sei Semujur dan SI(42) warga Desa Sei Balai, Kecamatan Sei Balai, Kabupaten Batu Bara.

Penangkapan para tersangka berawal dari laporan korban Muhammad Yusuf (57), warga Dusun Merdeka, Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras sesuai LP/56/VII/2020/SU/Res. BB/Sek. M. Deras.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (7/7) mengatakan, berdasarkan laporan dari korban Yusuf dikisahkannya bermula Sabtu (4/7) lalu pukul 07.00 Wib, ia berangkat ke sawahnya di Dusun Berdikari, Desa Lalang dengan mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion  BK 3116 VAR, warna hitam, dan memarkirkan kenderaan di tepi sawah tak jauh ia bekerja.

“Beberapa jam bekerja dan di saat korban yang hendak mengisi ulang air pada tangki semprotannya, korban melihat sepeda yang diparkirnya tak lagi ada. Iapun bertanya-tanya kepada warga sekitar,” jelas Kapolres.

Setelah mengetahui ciri-ciri sepeda motor yang dijelaskan korban kepada warga, ternyata ada yang melihat seorang laki-laki memakai baju kaos warna merah, pakai topi dan masker tergesa-gesa di sekitar sawah korban.

Sekitar pukul 18.00 Wib salah seorang  warga mendatangi rumah korban dan mengatakan melihat sepeda motor korban melintas di Simpang Walet Pakam dikendarai tersangka Hendro. Warga yang mendengar adanya aksi pencurian sepeda motor milik korban turut melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan tersangka Hendro di Dusun Penaga Desa Medang.

Hendro kemudian diserahkan kepada polisi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kepada petugas, ia mengakui aksi pencurian yang dilakukannya bersama dua temannya yang kemudian langsung diburu dan ditangkap. Menurut pengakuan Hendro, ia menggadaikan kenderaan curiannya itu kepada orang lain seharga Rp500 ribu, ditemani SI.

“Dari pengakuan tersangka ini, tim berhasil menangkap dua tersangka lainnya, yang saat ini telah dilakukan pengamanan di sel.  Sementara itu, saat ini polisi masih melakukan pengejaran terhadap seorang yang telah memberikan uang hasil gadaian sepedamotor tersebut,” ucap Kapolres. (per)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button