Berita

Covid-19 Mewabah, Angka Kejahatan Berkurang di Kota Siantar

FaseBerita.ID – Sejak kasus virus Corona mewabah di Indonesia termasuk Sumatera Utara menyebabkan angka kejahatan di Pematangsiantar berkurang.

Selain berdampak terhadap perekonomian, Pendidikan, Pemerintah dan instansi lainnya, masalah ini juga berdampak terhadap seluruh aktivitas masyarakat yang dilakukan di luar rumah, karena sudah mulai dibatasi untuk sementara waktu.

Tidak hanya itu, angka kejahatan (kriminal) di Kota Siantar juga sudah mulai menurun dari sebelumnya.
Hal itu dibenarkan Kabag Humas Polres Pematang Siantar Iptu Rusdi Ahya melalui sambungan telepon selulernya, Jumat (03/04) lalu.

Iptu Rusdi Ahya menyebutkan, tingkat kejahatan di wilayah hukum Kota Siantar dan sekitarnya mengalami penurunan di masa-masa pandemi virus Corona (COVID-19). Bahkan, laporan masyarakat yang direkap harian pun berkurang.

“Angka kejahatan di Siantar memang berkurang. Hal itu dilihat dari laporan sehari-hari,” ujar Rusdi.

Ia menduga, penurunan tingkat kejahatan terjadi karena masyarakat tengah fokus agar terhindar dari wabah Covid-19. Meski demikian, Rusdi tidak menjelaskan berapa prosentase penurunan kejahatan itu.

“Karena saat ini masyarakat Kota Siantar memang lagi fokus, bagaimana bisa menyelamatkan untuk menghindari Covid-19,” katanya.

Ditanya, apakah himbauan tidak berkumpul masih terus dijalankan?

Rusdi Ahya mengatakan, pihaknya tetap mengimbau bagi masyarakat Kota Siantar agar tidak lagi berkumpul dalam situasi wabah Covid-19. Bahkan, pihaknya terus meminta kepada masyarakatnya untuk tetap berada di dalam rumah.

“Marilah kita patuhi peraturan pemerintah, semakin banyak kita yang melaksanakannya, semakin mudah untuk kita memutuskan wabah penyakit ini. Untuk itu marilah kita bergandengan tangan, bahu membahu tanpa dukungan dari masyarakat,” pungkasnya. (Mag-03)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button