Berita

Coklit di Madina Sudah 96 Persen

MADINA, FaseBerita.ID– Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Daftar Pemilih pada Pilkada 2020 di Kabupaten Mandailing Natal sudah hampir selesai. Tahapan Coklit yang berlangsung dari tanggal 15 Juli 2020 sudah mencapai 96 persen per tanggal 10 Agustus lalu.

Demikian disampaikan Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan, Ahmad Faisal SH I MH I, Selasa (11/8).
Faisal mengatakan, pertanggal 10 agustus sudah selesai 96 persen, namun yang belum siap tersebar di 7 kecamatan. “Insya Allah kita usahakan sesuai jadwal tanggal 13 sudah rampung 100 persen,” katanya.

Ketujuh kecamatan tersebut terdiri dari Kecamatan Batahan ada 7 TPS, Kotanopan ada 17 TPS, Kecamatan Lingga Bayu ada 1 TPS, Kecamatan Muara Sipongi ada 2 TPS, Kecamatan Natal sebanyak 9 TPS, Kecamatan Panyabungan Utara berjumlah 17 TPS, dan Kecamatan Siabu ada 3 TPS. Dari total 23 kecamatan yang terdiri dari 1.006 TPS sementara se-Kabupaten Mandailing Natal

“Tapi kebanyakan itu hanya tinggal penyelesain rekapitulasi dan tinggal sedikit yang masih di lapangan, makanya kita optimis semua akan selesai sesuai jadwal,” tuturnya.

Proses coklit ini dilakukan oleh tim PPDP dengan cara mendatangi rumah ke rumah. Keberadaan masyarakat yang tidak berada dirumah yang sering menjadi kendala di lapangan, sehingga menghambat kinerja tim PPDP.

“Misalnya daerah Natal, kebanyakan mereka bekerja di perkebunan makanya susah menjumpainya. Namun kita tetap kordinasi dengan perusahaan tempat mereka bekerja maupun Kepala Desa setempat dan apabila tetap tidak terkonfirmasi maka akan kita coret,” sebutnya.

Meski demikian apabila sudah ditetapkan daftar pemilih sementara (DPS) masyarakat tetap bisa mengadu ke PPS sehingga didaftarkan ulang. Bahkan ketika sudah keluar daftar pemilih tetap (DPT) masih bisa memilih pas hari H asal membawa dokumen kependudukan ke tempat pemilihan.

“Kita akan berusaha memfasilitasi masyarakat sehingga hak politik untuk memilih tetap didapatkannya,” ungkap Faisal.
Selama pelaksanaan coklit, PPDP tetap memakai protokoler pencegahan Covid-19 dengan penggunaan masker, hand sanitizer dan pelindung wajah.(tim)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button