Berita

Ciptakan Kondusifitas Jelang Pemilu

HUMBAHAS, FaseBerita.ID – Jajaran Polsek Parlilitan bersama Danramil 11/Parlilitan melaksanakan apel gelar pasukan guna meningkatkan sinergitas TNI-Polri dengan komponen bangsa lain, untuk menciptakan keamanan dalam negeri (Kamdagri) yang kondusif menjelang Pemilu tahun 2019.

Kegiatan yang dipusatkan di Mapolsek Parlilitan, Sabtu (23/3) lalu itu, dipimpin Kapolsek Parlilitan AKP Bintang P Simanungkalit dan diikuti oleh Unsur Pimpinan Kecamatan Parlilitan-Tarabintang beserta jajarannya, UPT Puskesmas, para kepala desa, tokoh masyarakat, Ormas Pemuda Pancasila (PP), Ikatan Pemuda Karya (IPK), Karang Taruna, PPK, Panwascam, sejumlah guru dan pelajar tingkat SLTA serta sejumlah komponen masyarakat.

Pada kesempatan itu, peserta medeklarasikan kesiapannya untuk bersinergi dalam menjaga, mengawal serta mengamankan seluruh tahapan Pemilu. Bersama-sama memerangi berita hoaks, ujaran kebencian dan politik adu domba.

Dalam deklarasi ditegaskan bahwa masyarakat juga menolak politisasi tempat ibadah serta mendukung tindakan tegas sesuai perundang-undangan yang berlaku terhadap individu maupun kelompok yang sengaja mengganggu, mengancam, mengintimidasi masyarakat dan segala bentuk upaya menggagalkan pelaksanaan pemilu yang akan dan atau sedang berlangsung.

Sementara itu, Menkopolhukam Wiranto dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan AKP Bintang menekankan agar TNI-Polri tetap menjalin sinergitas dengan seluruh komponen masyarakat guna mewujudkan keamanan dan kelancaran pelaksanaan tugas yang diemban.

TNI-Polri mengenali, mencari dan menemukan serta mengatasi kerawanan agar tidak berkembang dan mengganggu penyelenggaraan Pemilu serentrak tahun 2019.

Babinsa dan Babinkamtibmas harus mampu menenangkan masyarakat agar tidak resah dengan penyebaran berita-berita hoaks serta menguatnya politik identitas.

Lebih jauh, Wiranto menekankan supaya tetap melakukan koordinasi dengan tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, serta tokoh masyarakat untuk memberikan rasa tenang, sehingga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan aman. (sht)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button