Berita

Cegah Virus Corona, Pemko Sibolga Gandeng Lintas Sektoral

FaseBerita.ID – Guna menanggulangi atau mencegah virus corona, Pemerintah Kota Sibolga menggandeng lintas sektoral yang ada. Hal itu dengan dilakukannya rapat koordinasi lintas sektoral untuk penanggulangan penyebaran virus corona (Covid-19), Selasa (17/3) di Aula Dinas Kesehatan Kota Sibolga.

Hadir dalam pertemuan itu, sejumlah anggota DPRD Sibolga, pejabat Polres Sibolga, pejabat PT Pelindo Sibolga, KSOP, Balai Karantina, Bandara dr FL Tobing, sejumlah pimpinan OPD Kota Sibolga dan pejabat RSU dr FL Tobing Sibolga.

Walikota Sibolga HM Syarfi Hutauruk yang diwakili Asisten II Hendra Darmalius dalam sambutannya menyambut baik dilaksanakannya rapat bersama lintas sektoral guna menanggulangi mewabahnya virus Corona. “Tentunya dalam rapat ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan dari masing-masing lintas sektoral yang ada di Kota Sibolga untuk menangani penyebaran virus corona yang sudah menjadi wabah nasional itu,” kata Hendra.

Dia mengatakan, Pemko Sibolga sendiri telah melakukan tindakan preventif dan membentuk tim gerak cepat.

“Kita juga sudah menyurati rumah sakit, puskesmas untuk memberikan pedoman penanggulangan penanganan sesuai SOP,” jelasnya.

Bahkan, katanya lagi, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi lintas sektor untuk mengetahui kesiapan di pintu-pintu masuk seperti di bandara, pelabuhan dan juga di terminal. “Kesiapan kita semua menjadi kunci keberhasilan untuk menanggulangi penyebaran virus corona di Sibolga. Sebagaimana instruksi dari Presiden RI dan Gubernur Sumatera Utara yang meminta agar pemerintah tanggap dan begerak cepat untuk melakukan pencegahan dan juga penanggulangan,” tegasnya.

Kadis Kesehatan Kota Sibolga Firmansyah Hulu dalam paparan materinya tentang penanggulangan corona di Sibolga menyebutkan, bahwa langkah cepat dari Pemko Sibolga sudah diambil dengan menginstruksikan ke masing-masing dinas untuk melakukan pengawasan. “Khusus untuk di Dinas Kesehatan, masing-masing Puskesmas dan rumah sakit sudah disurati untuk mempersiapkan standart pelayanan jika ada masyarakat yang terpapar virus corona,” terangnya.

Dia menyampaikan, sesuai data tertanggal 16 Maret 2020, bahwa jumlah kasus masyarakat di Indonesia yang diperiksa sebanyak 1.230 orang, yang positif corona 134 orang, negatif 1.083 orang, yang meninggal dunia sebanyak 5 orang, dan yang sudah sembuh 8 orang. “Kami dari Dinas Kesehatan Sibolga mengajak kita semua untuk memberantas corona ini,” ajak Firmansyah.

PDAM Tirta Nauli Cek Suhu Tubuh Pengunjung

Mengantisipasi wabah virus Corona (Covid-19), PDAM Tirta Nauli melakukan tindak pencegahan dengan cara memeriksa suhu tubuh pegawai dan pengunjung, Rabu (18/3).

Direktur PDAM Tirta Nauli Sibolga Marojahan Panjaitan mengatakan, guna mengantisipasi virus Corona tersebut, selain pengecekan suhu tubuh pegawai PDAM, pihaknya juga memeriksa suhu tubuh para pengunjung. “Ini merupakan tindakan pencegahan yang kita lakukan agar karyawan PDAM Tirta Nauli tidak tertular virus Corona. Kita melakukan pengecekan suhu tubuh setiap orang di kantor PDAM, termasuk para pengunjung,” jelasnya.

Menurutnya, petugas yang sudah disiapkan berjaga di depan pintu masuk kantor PDAM Sibolga dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh setiap pegawai maupun pengunjung yang datang. “Selanjutnya, pegawai atau para pengunjung diarahkan untuk mencuci tangan di wastafel yang telah disiapkan. Kemudian dipersilahkan untuk melakukan aktifitasnya,” beber Marojahan.

Dia menjelaskan, pengunjung yang diperbolehkan masuk adalah yang suhu tubuhnya dibawah 37.5 derajat celcius dan jika ada tamu yang suhu tubuhnya di atas normal, maka pihaknya menyarankan untuk memeriksa kesehatan lebih lanjut. “Untuk aktifirtas atau kegiatan sehari-hari di lingkungan kantor PDAM Tirta Nauli Sibolga masih tetap berjalan normal seperti biasanya. Begitupun, saya mengimbau agar seluruh pegawai khususnya tetap waspada terhadap wabah ini serta menjaga pola hidup bersih,” tandasnya. (rb)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button