Berita

Cegah Penyebaran Covid-19, Relawan Asner-Susanti Semprot Disinfektan di Rumah Ibadah

FaseBerita.ID – Untuk mencegah penyebaran virus corona, relawan Asner Silalahi-Susanti Dewayani melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah ibadah di Kota Pematangsiantar, mulai Kamis dan Jumat (26-27/3).

Adapun rumah ibadah pertama yang disemprot adalah Masjid Al Muhajirin, Tojai, Siantar Sitalasari. Sebanyak 7 orang relawan Asner Silalahi diterjunkan lokasi dan mereka membawa 3 alat semprotan sehingga proses kerjanya dapat cepat. Dalam penyemprotan itu, para relawan juga dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD).

Asner Silalahi mengatakan bahwa penyemprotan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Kita sangat prihatin terhadap pandemi virus corona atau covid 19 ini. Jadi upaya kita saat ini adalah pencegahan. Seperti penyemprotan disinfektan. Karena menurut ahli, bahwa virus ini bisa bertahan hidup di benda-benda. Sehingga patut kita semprot di berbagai tempat untuk langkah pencegahan,” jelasnya.

Asner Silalahi juga mengatakan, selain di tempat ibadah seperti Masjid dan Gereja. Fasilitas umum juga akan dilakukan penyemprotan.

“Sejauh ini memang Kota Siantar belum ada kasus. Harapan kita memang jangan sampai terjadi. Itu sebabnya, sejak awal kita harus melakukan pencegahan,” terang Asner Silalahi yang merupakan Balon Walikota Pematangsiantar ini.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, relawan Asner Silalahi-Susanti sebelumnya juga telah membagi-bagi Hand Sanitizer kepada masyarakat secara gratis. Hand Sanitizer ini berfungsi untuk membersihkan kuman dari tangan.

Sebab penyebaran virus corona ini lebih banyak melalui tangan, sehingga bagian upaya pencegahan virus corona ini adalah rajin membersihkan tangan.

Terpisah, pengurus Masjid Al Muhajirin H Sofian Lubis berterimakasih kepada Asner Silalahi dan Susanti yang telah bersedia menyemprot masjid mereka.

“Baru ini ada datang menyemprot masjid ini. Memang dengan virus corona ini, masyarakat khawatir. Sehingga perlu dilakukan pencegahan yang maksimal,” terangnya.

Dengan penyemprotan ini, Sofian Lubis berharap para jemaah semakin nyaman beribadah.

“Kita semua ada sampai 130 KK dan semuanya sholat berlangsung seperti biasanya dan tetap ramai. Karena memang Siantar kan masih jalur hijau, atau belum belum ada kasus. Makanya sholat 5 waktu tetap dilaksanakan di masjid ini,” terangnya.

H Sofian Lubis berharap agar wabah virus corona ini dapat segera berakhir.

“Sekali lagi saya berterimakasih atas bantuan penyemprotan dari relawan Asner. Semoga Asner Silalahi dan dr Susanti berserta seluruh relawan dan keluarga tetap sehat,” terangnya. (pra)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button