Berita

Cegah Penyebaran Covid-19 di Siantar, Sejumlah Fasilitas Umum Disemprot Disinfektan

FaseBerita.ID – Sesuai rencana dalam rangka menanggulangi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Pemerintah Kota (Pemko) dan Polres Pematangsiantar menyemprot cairan disinfektan terhadap sejumlah ruas jalan dengan menggunakan cairan disinfektan, Jumat (27/3/2020).

Penyemprotan disinfektan menggunakan empat unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Siantar ditambah satu unit mobil water cannon Polres Pematangsiantar.

Lokasi penyemprotan antara lain di sepanjang Jalan Merdeka, Jalan Sutomo, Jalan Ahmad Yani, Jalan Ade Irma, dan Jalan Sangnaualuh Damanik.

Kegiatan ini dilakukan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan petugas pemadam kebakaran, termasuk dari unsur TNI dan Polri.

Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Kusdianto SH menerangkan, penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah ruas jalan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Pematangsiantar.

“Saya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua yang terlibat dalam kegiatan penyemprotan tersebut. Khususnya kepada yang bertugas. Saya mengimbau agar tetap menjaga kesehatan dan tertib dalam melaksanakan Penyemprotan,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Pematangsiantar AKBP Budi Pardamean Saragih mengajak seluruh warga untuk tetap melakukan social distancing. Sebab butuh kerja sama dari semua pihak untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Kota Pematangsiantar.

Selain itu, Kapolres juga mengajak masyarakat agar menghindari tempat keramaian, tidak berkumpul-kumpul, dan tetap menjaga kesehatan serta kebersihan.

Hal senada dikatakan Kepala BPBD Kota Pematangsiantar Drs Midian Sianturi. Dikatakan Midian, agar tetap menjaga kebersihan, kesehatan dan rajin mencuci tangan serta tidak berkumpul-kumpul di pusat-pusat keramaian.

“Penyemprotan cairan disinfektan akan terus dilakukan di sejumlah fasilitas-fasilitas umum yang ada di Kota Pematangsiantar,” ujar Midian.

Batasi Kegiatan yang Mengundang Keramaian

Sementara untuk pusat perbelanjaan seperti Ramayana dan Suzuya diimbau untuk mengurangi kegiatan yang bisa mengundang kerumunan masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Siantar Drs Median Sianturi, Jumat (27/3). Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 yang sudah mengguncangkan dunia termasuk Indonesia. Sebab, virus yang satu ini disebut-sebut sangat membahayakan manusia.

“Untuk sementara kita harus menghindari keramaian. Makanya usaha-usaha yang bisa mengundang kita sarankan untuk menutup usahanya sementara. Seperti cafe, restoran, club malam dan usaha lainnya. Sementara untuk pasar modern seperti Ramayana, Suzuya dan STTC masih beroperasi seperti biasa. Hanya saja kita imbau agar mengurangi kegiatan yang membuat keramaian atau berkumpul,” ujarnya.

Tamu dan Personel Wajib Disemprot

Meskipun Polres Siantar telah melakukan pengecekan suhu tubuh, namun Kapolres Siantar AKBP Budi Pardamean Saragih tampak mendirikan tenda sterilisasi desinfektan.

Letak keberadaan tenda sterilisasi tersebut, berada pas di depan pintu masuk Mako Polres Siantar. Hal itu dilakukan guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona atau Covid 19.

Kasubbag Humas Iptu Rusdi Ahya mengatakan, tenda sterilisasi desinfektan yang didirikan itu berada di pintu Mako Polres Siantar, tepatnya di samping ruangan Penjagaan Sat Sabhara, guna mengantisipasi bagi warga yang masuk ke Mapolres.

Rusdi menambahkan, tujuan pendirian tenda sterilisasi desinfektan itu tak lain supaya para personel, pegawai dan pengunjung atau tamu yang datang ke Mako Polres Siantar.

“Harus terlebih dahulu untuk mengikuti prosedur Polres Siantar. Yakni harus masuk kedalam tenda untuk dilakukan penyemprotan cairan disinfektan ke seluruh bagian tubuh (baju),” ujarnya.

Sedangkan di dalam tenda penyemprotan didinfektan tersebut, sudah disiapkan Kipas Angin Air Cooler yang diisi cairan disinfetan sebagai pengganti air. Sehingga cairan desinfektan secara merata mengenai seluruh tubuh.

“Hal itu dilakukan tanpa terkecuali, Kapolres sudah memerintahkan para Pejabat Utama (PJU) dan Kapolsek sejajaran juga harus masuk ke tenda untuk disemprotkan cairan disinfektan,” ujarnya.

Pengecekan suhu tubuh bagi yang masuk ke Mako Polres Siantar sudah diawasi personel Propam. Untuk lebih sterilisasi dan pengecekan suhu tubuh dalam rangka antisipasi penyebaran Virus Corona. (Mag-04/Mag-03)

 



Pascasarjana

Unefa
Back to top button