Berita

Cegah Penyebaran COVID-19 di Paluta, Aparat Patroli ke Kafe & Warung Kopi

FaseBerita.ID – Dalam upaya mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Kepolisian Resort Tapanuli Selatan melalui sektor Padang Bolak bersama pihak Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan patroli ke tengah-tengah masyarakat di wilayah hukumnya, Selasa (24/3) malam.

Dalam kegiatan patroli yang dipimpin langsung Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar, turut hadir Kasatpol PP Paluta Darman, Sekretaris Dinas Pariwisata Lintong Siregar, Danramil 05 PB Kapten (Inf) Misran Dalimunthe, Camat Padang Bolak Ahmad Hilaluddin Daulay, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

“Kita mengimbau agar orang-orang tidak berkerumun dan berkumpul-kumpul,” kata Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib melalui Kapolsek Padang Bolak AKP Zulfikar.

Apabila ada yang berkerumun dan berkumpul-kumpul petugas menegur serta dihimbau agar membubarkan diri. Mengingat begitu cepatnya penyebaran virus corona atau COVID-19.

Imbauan ini dilaksanakan sesuai maklumat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis, dengan harapan penyebaran virus yang telah menjadi pandemi termasuk Indonesia terminimalisir.

“Imbauan ini sebagai tindak lanjut maklumat Kapolri serta imbauan Bupati Paluta,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini sudah dimulai sejak Senin (23/3) dan akan digelar secara berkelanjutan dalam waktu yang belum ditentukan.

Selain berpatroli ke tengah masyarakat serta seluruh cafe-cafe dan warung kopi yang ada, petugas juga menempelkan stiker berisi himbauan dan menempelkan maklumat Kapolri ke warung-warung.

“Semoga dengan sosialisasi serta himbauan langsung yang dimulai dari apel malam ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengantispasi penyebaran COVID-19,” harapnya.

Dikatakannya, giat melakukan sosialisasi menggunakan pengeras suara berkendaraan bermesin roda dua dan empat ke pelosok desa/kelurahan ini dilakukan secara serentak di seluruh jajaran kepolisian setiap daerah.

Pada kesempatan ini, ia mengharapkan agar seluruh elemen masyarakat dapat mematuhi arahan dari pihak pemerintah agar tidak berkeliaran keluar rumah sebagai upaya untuk antisipasi penyebaran COVID-19 yang sangat membahayakan ini.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap mengeluarkan surat edaran tentang penutupan sementara kegiatan operasional industri pariwisata yang ditujukan kepada pelaku usaha dan atau penanggungjawab industri pariwisata yang ada di Paluta.

Surat edaran dengan nomor: 430/1546/Pariwisata/2020 ini dikeluarkan menindaklanjuti instruksi Gubernur Provinsi Sumatera Utara nomor: 188.54/2/INST/2020 tanggal 6 Maret 2020 dan Surat Edaran Bupati Padang Lawas Utara nomor: 360/1447/BPBD/2020 tentang peningkatan kewaspadaan terhadap resiko penularan infeksi COVID-19. (ais)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button