Berita

Cegah DBD Lapas Kelas IIA Rantauprapat Lakukan Fogging

FaseBerita.ID – Guna mencegah penularan penyakit demam berdarah (DBD) para narapidana, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Rantauprapat, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Labuhanbatu melakukan fogging, Selasa (19/11/2019) pagi.

Pelaksana tugas (Plt) Lembaga Pemasyarakatan kelas II A Rantauprapat M.Taviv mengatakan bahwa langkah ini sangat penting, dalam upaya mencegah penyakit DBD yang ditularkan melalui nyamuk di dalam kawasan Lapas.

“Kesehatan para narapidana sangat penting dan menjadi prioritas kita di dalam lapas ini. Karena, lingkungan yang bersih dan sehat tentunya dapat menunjang aktifitas napi di dalam lapas. Kegiatan fogging bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Labuhanbatu ini, salahsatu cara kita untuk mengantisipasi para napi terjangkit penyakit DBD,” katanya.

Menurut Taviv, bagaimana kita dapat memberikan pembinaan kepada mereka bila lingkungannya tidak bersih. Selain itu, kami juga mengajak para penghuni Lapas agar selalu menjaga kebersihan lingkungan di dalam kawasan Lapas.

“Selain menjaga lingkungan yang bersih untuk kesehatan jasmani bagi napi, kita juga sudah menjalankan program sehat rohani untuk menciptakan napi religi, yang mana setiap malam Jum’at kita laksanakan pembacaan Yasin bersama guna menjaga hati, ahklak dan keimanan kepada Allah SWT, disamping sholat wajib lima waktunya,” jelasnya.

Taviv berharap, sejumlah program yang telah diterapkan di dalam Lapas dapat menjadikan penghuni lapas sehat jasmani dan rohani.

“Harapan kita program sudah berjalan ini menjadikan napi di Lapas Kls IIA Rantauprapat menjadi napi yang sehat dan religi, sehingga nantinya bila mereka sudah bebas dapat menjalani hidup yang lebih baik lagi dan berguna bagi masyarakat,” tandasnya.

Kegiatan fogging tersebut, disaksikan oleh kepala Kelurahan Ujung Bandar serta dari pihak Dinas Kesehatan melalui Puskesmas pembantu setempat. (bud/rah)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close