Berita

Calon Independen di Pilkada Tapsel Minimal Kumpulkan 20.402 KTP Dukungan

TAPSEL, FaseBerita.ID – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tapsel melaksanakan simulasi penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tapsel 2020. Syarat minimal calon perseorangan adalah 20.402 KTP dukungan dan tersebar minimal 8 kecamatan di Tapsel.

Komisioner KPU Tapsel Kemri Syafei menjelaskan, dari simulasi ini dapat diketahui, jika mendaftarkan dari jalur perseorangan atau independen, agar segera mendaftarkan tim atau operatornya untuk mendapat akun Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dari KPU Kabupaten Tapsel yang tinggal 22 hari lagi.

Penyerahan syarat dukungan pasangan calon per-seorangan sesuai dengan jadwal tahapan akan dimulai, 19 hingga 22 Februari 2020, pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. (pada hari ke-1 sampai dengan hari ke-4). Dan 23 Februari 2020, pukul 09.00 hingga 24.00 wib (pada hari ke-5/hari terakhir).

Ada perbedaan mendasar dalam proses pendaftaran bakal calon independen pada pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2020 dengan tahun 2015. Secara umum, bakal pasangan calon dari jalur independen diharuskan menyerahkan data dokumen dukungan sebagai syarat pendaftaran jauh hari sebelum tanggal penyerahan yang diunggah melalui silon, artinya persiapan Tim/Operator Pasangan Calon untuk memasukkan data dukungan melalui silon sudah dapat dilakukan setelah KPU mengumumkan penetapan jumlah minimum dukungan persyaratan dan persebaran pasangan calon perseorangan pada tanggal 03 Desember 2019 sampai dengan 16 Desember 2019 yang lalu.

Dan, jika jumlah total dukungan dan jumlah minimal dukungan serta persebaran kecamatan telah memenuhi syarat (MS) maka bakal pasangan calon dapat mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati pada masa pendaftaran (16 Juni sampai dengan 18 Juni 2020).

Sebaliknya, jika total dukungan dan jumlah minimal dukungan dan persebaran Tidak Memenuhi Syarat (TMS), maka Pasangan Calon Perseorangan tidak dapat mendaftarkan diri sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tapanuli Selatan pada masa pendaftaran.

Tim atau Operator yang ditunjuk Bakal Pasangan Calon Perseorangan harus mempunyai surat mandat, yang ditandatangani oleh Bakal Pasangan Calon untuk ditujukan kepada KPU Kabupaten Tapanuli Selatan agar mendapatkan akun silon dan bimbingan teknis dalam mengakses silon.

Terus, tim atau operator yang telah mendapatkan akun silon kemudian harus menginput data dokumen dukungan yang kemudian di print out (dicetak) dari silon untuk diserahkan kepada KPU Kabupaten Tapanuli Selatan pada saat penyerahan syarat dukungan (tanggal 19 Februari sampai dengan 23 Februari 2020).

Data dari silon tersebut akan menjadi dasar bagi KPU dalam melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual. (ran)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button