Berita

Buruh di Sibolga Ditangkap saat Rakit Bong Sabu di Kamar Hotel

SIBOLGA, FaseBerita.ID – Polisi menangkap seorang pria dari kamar sebuah hotel di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Jumat (17/1) sekira pukul 23.00 WIB.

Dari tangan pria berinisial AAP (24), warga Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Aek Parombunan, Sibolga Selatan, tersebut polisi menyita barang bukti berupa 1 paket sabu dengan berat 0,12 gram, berikut alat hisapnya alias bong.

Kapolres Sibolga AKBP Triyadi dalam keterangan persnya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin mengatakan, penangkapan dilakukan oleh personel Polsek Sibolga Sambas setelah menerima laporan masyarakat. AAP yang diketahui bekerja sebagai buruh harian lepas tersebut ditangkap dalam kamar hotel saat sedang merangkai bong.

“Setelah menerima laporan, Kapolsek Sambas kemudian memerintahkan personelnya untuk melakukan penyelidikan. Ternyata berhasil, AAP ditemukan saat merakit bong di kamar sebuah hotel di Jalan Ahmad Yani,” kata Sormin, Rabu (29/1).

Selanjutnya, Polsek Sibolga Sambas melimpahkan kasus tersebut ke Satuan Narkoba Polres Sibolga. Dari hasil tes urine, terbukti positif mengandung amphetamine. “AAP fan barang bukti kemudian diserahkan ke Polres Sibolga untuk pemeriksaan lebih lanjut,” ungkapnya.

Kepada penyidik, pria yang telah ditetapkan sebagai tersangka tersebut mengaku memperoleh barang haram itu dari seseorang di Jalan Murai, Kelurahan Aek Manis, Sibolga Selatan. Sabu katanya belum dibayar, tersangka hanya meninggalkan telepon selulernya sebagai jaminan kepada penjual.

“Sekira pukul 22.00 WIB, tersangka ingin mengonsumsi narkoba. Karena uang tidak ada, sehingga dia berencana untuk menggadaikan HP-nya. Tersangka pun pergi ke rumah penjual sabu di Jalan Murai dan memesan sabu seharga Rp150 ribu. Sebagai bayaran, dia menggadaikan HP-nya. Dengan janji, besoknya akan dibayar,” terang Sormin.

Setelah sabu diterima, tersangka berencana mengonsumsinya di sebuah hotel di Jalan Ahmad Yani. Sebelum ke hotel, tersangka terlebih dahulu membeli peralatan untuk membuat alat hisapnya. “Setelah itu, dia masuk ke kamar nomor 13 dan meletakkan sabu di atas meja. Kemudian, dia mulai merakit bong,” tukasnya.

Saat asyik merakit bong, tersangka sempat mendengar suara yang mencurigakan dari luar kamar. Namun saat itu, tersangka menduga kalau itu hanya suara pegawai hotel. “Ternyata petugas, langsung menangkap tersangka dan menyita barang bukti,” pungkasnya.

Tersangka kini ditahan di RTP Polres Sibolga dan dikenakan padal 114 ayat 1 Subsider pasal 112 ayat 1 dari Undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun. (ts)



Unefa

Pascasarjana
Tags
Back to top button