Berita

Bupati Tapsel Solat Id di Huta Holbung: Jaga Kekompakan dan Bersyukur

TAPSEL, FaseBerita.ID – Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu solat Idul Adha di Masjid Jami’ Nurul Iman, Desa Huta Holbung, Kecamatan Angkola Muaratais, Minggu (11/8/2019).

Solat dengan imam ustad Tuan Naborkat ini juga dihadiri Sekda Tapsel H Parulian Nasution, sejumlah pimpinan OPD seperti Kadis Pertanian Bismark Muaratua, Kadis Dalduk KB Saftar Harahap dan Kadis Perhubungan Aji Hatorangan serta pejabat lainnya.

Usai mengikuti solat id, Syahrul menyampaikan seperti yang diungkapkan khatib Tuan Nalomok, setiap umat harus bisa memaknai Hari Raya Kurban dengan meningkatkan iman dan taqwa pada Tuha yang Maha Esa. Juga, memupuk kekompakan, kebersamaan dalam suasana persatuan dan kesatuan. Dan terpenting adalah ketulusan dan keikhlasan dalam kehidupan.

“Ada beberapa poin penting yang harus kita maknai di Hari Raya Kurban, sebagaimana yang disampaikan khatib tadi. Di antaranya, kita harus terus mendekatkan diri pada Allah SWT. Dalam hidup butuh ketulusan dan keihklasan dan bahkan pengorbanan. Yang paling penting adalah kebersamaan dalam suasana kehidupan dengan pola berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah. Di hari raya Idul Adha ini, mari kita tingkatkan dan memperkokoh silaturahmi juga ukuwah Islamiyah,” ungkapnya.

Sebelumnya, melalui mimbar khutbah yang disampaikan ustad Tuan Nalomok, mengajak umat bersyukur atas nikmat hidup yang diciptakan Allah SWT.

“Inti ibadah haji itu ada di Padang Arafah. Semua berkumpul di sana. Dari segala penjuru dunia, baik tua maupun muda. Semua merupakan atas kebesaran Allah SAW. Padang Arafah adalah padang perjumpaan miniaturnya hari akhir,” sebutnya.

Dari pelaksanaan ibadah haji, kata khatib dapat disimpulkan, Islam sangat menganjurkan umat untuk menjaga kebersamaan, kekompakan dan silaturahmi. Dan, pastinya tidak pernah menghendaki apalagi menyerukan perpecahan.

“Islam tidak menghendaki teroris. Perkumpulan orang di Padang Arafah menunjukkan kebersamaan bagi umat dari segala penjuru, yang membuktikan tingginya rasa kebersamaan,” ungkapnya.

Diutarakan, melalui Hari Raya Haji, harus bisa mengambil makna keikhlasan dan ketaatan serta upaya pengampunan dan penghapusan dosa menuju hidup yang lebih baik dan bermakna.

Sebelumnya tokoh masyarakat Huta Holbung H Rajo Nasution menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa bangga atas kehadiran Bupati Tapsel untuk solat id bersama di desa tersebut. (ran)

iklan usi



Back to top button