Berita

Bupati Sambut Kunker Perdana DPRD Sumut ke Tapteng

TAPTENG, FaseBerita.ID – Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Darwin Sitompul menyambut Kunjungan Kerja (Kunker) Wakil Ketua DPRD Sumatera Utara (Sumut) Rahmansyah Sibarani, beserta anggota dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatera Utara (Sumut) IX di kantor bupati, Jalan Dr Ferdinand Lumbantobing, Selasa (3/12/2019).

Kunker Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sumut dari Dapil Sumut IX ini di Tapteng adalah yang pertama setelah pelantikan DPRD periode 2019-2024. Mereka masing-masing, Wakil Ketua DPRD Sumut Rahmansyah Sibarani dari Partai Nasdem, Tangkas Manimpan Tobing dari Partai Demokrat, Irwan Simamora dari Partai Hanura dan Jonius TP Hutabarat dari Partai Perindo.

Mengawali sambutannya, Bupati Bakhtiar Ahmad Sibarani mengucapkan selamat datang kepada wakil ketua dan anggota DPRD Sumut dari Dapil Sumut IX yang melaksanakan kunker ke Tapteng.

“Saya sangat bahagia atas kedatangan Wakil Ketua dan Anggota DPRD Provsu dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Tapanuli Tengah ini. Semoga kedatangan pimpinan dan anggota dewan provinsi ke daerah ini bisa memberikan pembangunan di Tapanuli Tengah dengan signifikan,” kata Bakhtiar.

Pada kesempatan itu, Bakhtiar menuturkan telah pernah beraudiensi dengan Pimpinan DPRD Provinsi Sumut terkait usulan pembangunan dua masjid di Tapteng. “Sebelum pimpinan dan anggota dewan terpilih, kami telah pernah beraudiensi kepada pimpinan dan anggota DPRD Sumut terkait pembangunan dua masjid di Tapanuli Tengah, yakni Masjid Al Muslimin Pandan dan Masjid Raya Barus, yang akan kami ganti namanya menjadi Masjid Agung di Kecamatan Barus,” ucapnya.

“Kedua masjid ini dibangun dikarenakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sebelum kami jadi bupati, telah meletakkan batu pertama di Tugu Titik Nol KM Peradaban Islam Nusantara di Barus. Sudah barang tentu pembangunan fasilitas itu kami pikirkan dan ada keterbatasan anggaran Kabupaten Tapanuli Tengah. Sepengetahuan kami, Gubernur adalah perpanjangan tangan Presiden di daerah,” sebutnya.

Setelah audiensi dengan pimpinan dan anggota DPRD Provsu, masih kata Bakhtiar, usulan pembangunan dua masjid di Tapteng itu pun telah disetujui. “Terkait hal itu, kami telah audensi menyampaikan usulan pembangunan kedua masjid itu ke pimpinan dan anggota DPRD Sumut dan sudah disetujui. Bahkan telah masuk pada pembahasan anggaran. Namun kami tidak tahu kenapa usulan itu bisa terhapus. Tapi kami yakin dan sangat percaya bahwa pimpinan dan anggota DPRD Sumut, khususnya dari Dapil Sumut IX yang sekarang, akan memperjuangkan pembangunan kedua masjid tersebut. Kami yakin dan percaya bahwa Gubernur Sumatera Utara akan mendukung pembangunan masjid yang telah kami usulkan,” ucapnya.

“Kami meminta kepada Gubernur Sumatera Utara supaya memperhatikan infrastruktur di Tapanuli Tengah yang penanganannya adalah kewajiban Provinsi Sumatera Utara. Jangan kami bekerja mengejar ketertinggalan daerah kami, ternyata proyek pembangunan Provinsi Sumatera Utara yang ada di daerah kami, seperti penanganan jalan, drainase, dan lainnya, yang memang itu kewajiban Provsu tidak dikerjakan. Sehingga Pemkab Tapanuli Tengah yang jelek. Kami meminta Pemprovsu memperhatikan daerah kami, kerjakanlah pembangunan ini dengan merata. Kami berharap tidak ada istilah kabupaten/kota lain yang diutamakan karena pembangunan itu harus merata. Kami yakin, Gubernur Sumatera Utara bijaksana, Gubernur Sumatera Utara dan jajaran peduli terhadap pembangunan di Tapanuli Tengah. Majunya provinsi karena majunya kabupaten/kota di daerah tersebut,” kata Bakhtiar.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Provsu Rahmansyah Sibarani mengucapkan terima kasih atas nama Wakil Ketua DPRD Provsu dan Anggota DPRD Provsu dari Dapil Sumut IX kepada Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani dan jajarannya atas sambutannya dalam rangka kunker ke Tapteng.

“Kami sadar bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat minim perhatian pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah. Inilah tanggung jawab dan pertarungan harga diri kami sebagai DPRD Provsu Dapil Sumut IX. Saya akan pastikan setelah selesai kunjungan kerja ini, kami akan memanggil dinas-dinas terkait untuk RDP (Rapat Dengar Pendapat),” tegas Rahmansyah.

“Khusus mengenai usulan pembangunan kedua masjid itu, kami sudah memanggil Biro Binsos Provsu dan berkomunikasi dengan Gubernur Sumatera Utara bahwa Gubernur berjanji di tahun 2020 pembangunan Masjid akan terwujud dan hal ini akan kami pastikan dengan Biro Binsos Provsu untuk kejelasan pembangunan kedua masjid yang telah diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah,” jelas Rahmansyah.

Pada kesempatan yang sama, Anggota DPRD Provsu Jonis TP Hutabarat juga mengatakan akan memperjuangkan pemerataan pembangunan di Tapteng. “Kami akan memperjuangkan pemerataan pembangunan di Tapanuli Tengah agar pembangunan di Tapanuli Tengah ini dapat diperhatikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara karena selama ini sangat minim,” kata Jonis yang diamini Anggota DPRD Provsu lainnya.

Setelah pertemuan kunker di Ruang Rapat Cendrawasih Kantor Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani beserta Wakil Ketua dan Anggota DPRD Provsu serta rombongan bergerak meninjau lokasi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pasar Tarandam Kecamatan Barus dan pembangunan Jembatan Barus, yang menghubungkan Desa Kampung Mudik dengan Desa Bunga Tanjung, Desa Kinali, dan Desa Ujung Batu.

Turut hadir pada acara itu, Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul, Ketua dan Wakil Ketua serta Anggota DPRD Tapteng, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Tapteng, serta Perwakilan Dinas-Dinas Provsu yang mendampingi kunker, antara lain dari Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu, Dinas Keluatan dan Perikanan Provsu, serta Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu. (dh)

Unefa

Pascasarjana

Tags

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close