Berita

Bupati Paluta Buka Musrenbang RKPD 2020 Tingkat Kabupaten

PALUTA, FaseBerita.ID – Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (Musrenbang RKPD) tahun 2020, di Aula Hotel Mitra Indah Gunungtua, Selasa, (19/3) sekitar pukul 10.00 WIB.

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung selama 2 hari (19-20) diikuti ratusan peserta ini mengangkat tema yakni ‘Padang Lawas Utara yang unggul dan Melayani’ dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara Ferlin H Nainggolan, Sekretaris Bappeda Provsu H Ardan Noor, Sekretaris Dinas Bina Marga dan Bina Knstuksi Provsu Hasudungan Siregar beserta rombongan, Bupati Paluta Andar Amin Harahap, Kejari Paluta Rizal S Nyaman, Pimpinan dan anggota DPRD, Kepala SKPD, Perwakilan Dandim 0212 TS, Camat Se-kabupaten Paluta, Dankipan C 123 RW, OKP, Ormas, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, beserta undangan lainnya.

Dalam laporan Kepala Bappeda Paluta Tongku Palit Hasibuan menyampaikan bahwa dasar hukum pelaksanaan Musrenbang RKPD tersebut antara lain adalah UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan nasional.

UU Nomor 23 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah. PP Nomor 58 Tahun 2005 tentang pengelolaan keuangan. PP nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah. Permendagri Nomor 54 tahun 2010 tentang pelaksanaan PP Nomor 8 tahun 2008.

Ditambahkannya, tujuan diadakannya Musrenbang yang merupakan forum antar pemangku kepentingan ini adalah untuk menyelaraskan, mengklarifikasi, mempertajam dan menyepakati prioritas pembangunan, program, kegiatan daerah yang telah disepakati melalui Musrenbang desa, Kecamatan, Forum OPD dan Musrenbang tingkat Kabupaten. Hasil kesepakatan tersebut kemudian akan menjadi masukan dalam RKPD Kabupaten Paluta untuk tahun 2020.

Bupati Paluta Andar Amin Harahap SSTP Msi saat memberikan bimbingan dan arahan yang sekaligus membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Paluta menyampaikan Musrenbang RKPD adalah salah satu langkah dalam menyelaraskan dan merumuskan program pembangunan yang akan dilaksanakan di daerah Paluta ke depannya.

Kemudian, untuk penyelarasan program dan prioritas pembangunan Kabupaten Paluta antara lain peningkatan kehidupan beragama, penegakan hukum, pengelolaan tata kelola pemerintahan yang baik dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Peningkatan kualitas dan keterjangkauan pendidikan. Peningkatan dan pemerataan pelayanan kesehatan. Peningkatan infrastruktur, pengembangan wilayah, mitigasi bencana dan pelestarian lingkungan hidup untuk mendukung daya saing perekonomian. Peningkatan ekonomi kerakyatan. Perluasan kesempatan kerja dan peningkatan kesejahteraan rakyat miskin. Peningkatan produksi, produktivitas dan daya saing produk pertanian dan perikanan dan mendukung dan mendorong kebijakan Nasional dan Provinsi.

Selain itu, Andar juga menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Paluta tahun 2020 adalah pemantapan dan sinkronisasi arah kebijakan program pembangunan antara Pemkab Paluta, Pemprov Sumut dan pemerintah secara nasional dalam mewujudkan visi misi yakni melanjutkan Perwujudan kabupaten Paluta yang Beriman, Cerdas, Maju dan Beradat. Karena itu ia berharap Musrenbang RKPD Kabupaten Paluta tahun 2020 ini dapat berjalan sukses dan segala yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat Paluta.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Musrenbang RKPD Kabupaten Paluta tahun 2020 secara resmi saya buka,” pungkas Andar mengakhiri arahan dan bimbingannya.

Sebelumnya, dalam sambutan Gubernur Sumut Edi Rahmayadi yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut Ferlin H Nainggolan, mengucapkan selamat atas pelaksanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Paluta tahun 2020 dan berharap dapat berjalan lancar dan menghasilkan kebijakan dan program yang selaras untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di kabupaten Paluta dan Provinsi Sumatera Utara secara umumnya.

Ia juga mengatakan bahwa segala hasil kesepakatan atau kebijakan program pembangunan dari Musrenbang RKPD kabupaten Paluta tahun 2020 ini nantinya akan disampaikan dan menjadi prioritas yang akan dselaraskan pada Musrenbang provinsi Sumut nantinya sehingga terwujud provinsi Sumut yang bermartabat.

Pantauan wartawan, usai bimbingan dan arahan sekaligus membuka acara oleh Bupati Paluta Andar Amin Harahap, acara dilanjutkan dengan pemaparan dari para narasumber yang dipandu oleh Kabid Perencanaan Ekonomi Bappeda Paluta, Iskandar Muda Hasibuan.

Bertindak sebagai narasumber Musrenbang RKPD tersebut yakni Sekretaris Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumut Hasudungan Siregar, Sekretaris Bappeda Provsu H Ardan Noor, Kepala BPS Paluta yang diwakili oleh Barry Anto Pelani dan Kepala Bappeda Paluta Tongku Palit Hasibuan. (ais)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button