Berita

Bupati Batubara Resmikan Mobil E-KTP

FaseBerita.ID – Mobil operasional layanan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik resmi beroperasi di Kabupaten Batubara. Armada ini nantinya akan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan administrasi kependudukan pada daerah yang jauh dari ibu kota kabupaten.

Launching pelayanan kenderaan operasional E KTP tersebut langsung diresmikan oleh Bupati Zahir, pada Selasa (4/8).

”Ini adalah salah satu upaya pemerintah Kabupaten Batubara untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat lebih dekat lagi yang sebelumnya pelayanan KTP ini berada di setiap kecamatan,” ucapnya saat meninjau fungsional kenderaan tersebut di Desa Mangkai Baru, Batubara.

Dengan keberadaan armada mobil E KTP ini, menjadikan masyarkat lebih mudah khususnya bagi warga desa dalam melakukan perekaman identitas kependudukan. Politisi dari partai PDI Perjuangan ini menjelaskan bahwa, selain pengurusan KTP elektronik bisa juga dalam mendata indentitas anak sehingga anak mempunyai indentitas penduduk yang terkoneksi di catatan kependudukan dan catatan sipil sehingga masyarakat mempunyai data yang jelas.

Saat ini, telah terdata 90 persen masyarakat Kabupaten Batubar yang memiliki E KTP. Dengan adanya mobil ini, masyarakat dan lansia yang belum melakukan perekaman semakin mudah.

”Mobil pelayanan ini akan hadir di setiap desa desa. Keliling secara bergantian dipusatkan pada tempat keramaian hingga kita ingin masyarakat merasa terlayani secara baik,” katanya.

Sementara, Kepala Disdukcapil Kabupaten Batubara, Maeda Suetopo mengatakan terdapat satu perangkat komputer pada mobil pelayanan KTP elektronik tersebut, lengkap dengan peralatan perekaman data KTP elektronik, kartu keluarga dan kartu indentitas anak. (per/sr)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button