Berita

Bunayya Pawai Ramadan: Hormati yang Berpuasa, Benahi Diri Lebih Baik

SIDIMPUAN, FaseBerita.ID – Sabtu (4/5) pagi, Pengurus Yayasan Pendidikan Binaul Ummah Padangsidimpuan, para guru di TK IT, SD IT dan SMP IT beserta para orangtua pawai bersama keliling Kota Padangsidimpuan dalam Tahrib Ramadhan, menyambut datangnya bulan puasa 1440 Hijriah ini.

Dengan menunpangi sekitar 150-an angkutan mobil, pawai dimulai dari Bunayya Learn Camp (Komplek sekolah), menuju Jalan Sudirman, Merdeka, menuju ke arah Masjid Raya hingga berkeliling ke SM Raja dan nantinya kembali lagi ke BLC.

Tahrib Ramadan ini merupakan kegiatan yang rutin tiap tahun bagi Bunayya sejak awal berdirinya. Meskipun tak tercatat dalam programnya, ini seperti program tahunan Bunayya dalam menyambut ramadhan.

“Makin bertambah dari tahun ke tahun dan orangtua sukarela dan salahsatu konsep nyata tri pilar pendidikan Sekolah, Orangtua dan Masyarakat yang juga menjadi ciri khas SIT (Sekolah Islam Terpadu),” ungkap Ketua Binaul Ummah Padangsidimpuan, Khoiruddin Rambe.

Pawai Ramadhan ini juga merupakan momen meningkatkan kerjasama antara sekolah dan orangtua. Selain itu, menjadi syiar Ramadan meninggalkan kesan gembira akan kedatangan Ramadan, khususnya bagi masyarakat. Dan dirindukan kehadirannya, untuk terus meningkatkan dan membenahi diri agar lebih baik.

“Menyerukan juga kepada warga Kota Padangsidimpuan untuk menghormati orang yang berpuasa. Kepada anak-anak, kita menanamkan secara dini kepada anak-anak untuk bergembira menyambut Ramadan,” tambah Khoir.

Ia pun kemudian bercerita, bila ada seorang yang telah lama meninggalkan kampungnya ke luar negeri. Hingga tatkala orang tersebut semakin tergerus keimanannya, nuansa ramadhan kemudian membangunkan rindu akan kampung halaman dan mengembalikan keimanannya yang tergerus tadi.

“Menghidupkan kembali nuansa kegembiraan dalam menyambut Ramadan bagi anak anak. Ramadan itu juga bagian merajut kebersaamaan dalam berteman dan bermasyarakat. Sebagaimana dahulu, kita sering bergembira akan datangnya Ramadan,” tuntas Khoiruddin Rambe.

Kepala Sekolah SMP IT Bunayya, Vida Sylvia Pasaribu menambahi, jangkauan kegiatan Ramadan kali ini bagi murid di Bunayya, meliputi, Fiqih Shiyam untuk anak anak, Pawai Ramadan, kunjungan panti asuhan, Binaul Ummah Berbagi (paket sembako, alat tulis, qurma). Untuk yang terakhir, itu sesuai dengan kesanggupan orangtua dan nantinya yang akan membagikan adalah anak-anak.

“Ada pilihan paket diberi kepada orangtua. Nanti anak anak yang akan membagikannya. Kemudian ada juga Sanlat (pesantren kilat) dan Ifthor Jama’i keluarga besar Bunayya,” kata Vida dalam akhir pawai dengan tema; “Membentuk Generasi Qurani bersma Ramadhan” itu. (san)

iklan usi



Back to top button