Berita

Buaya Terjebak di Danau Siais Tapanuli Selatan

FaseBerita.ID – Warga di sekitaran Danau Siais, Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Tapanuli Selatan (Tapsel), Minggu (1/11) pagi geger dengan penemuan seekor buaya terjebak jaring keramba di sekitaran rumah makan yang ada di pinggiran danau itu.

Awalnya pagi itu, Syafii Sikumbang, Pengusaha rumah makan Boisen Sikumbang mengecek keramba ikan miliknyanya yang persis berada di bawah usahanya itu. Namun betapa kagetnya ia, seekor buaya berukuran sedang tengah terjerat jejaring ikan yang membatas keramba dengan perairan lepas.

Syafii kemudian memberitahu keadaan itu kepada warga sekitar, hingga bersama-sama menangkap dan memisahkan buaya muara itu ke tepian. Dan tak lama kemudian, Polisi yang hadir di sana berkoordinasi dengan pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Padangsidimpuan.

“Jenisnya buaya muara, tapi karena itu domainnya BKSDA Kita koordinasikan kepada mereka,” kata Kapolsek Batangtoru AKP Abdi Abdillah.

Menurut Abdi dari keterangan BKSDA, Danau Siais ini merupakan habitat buaya muara dan ada juga buaya putih. Jalurnya dari Muara Batang Gadis, Sikapas dan Singkuang di Kabupaten Mandailing Natal.

Untuk itu, Abdi pun mengimbau bagi masyarakat yang terbiasa beraktivitas di Danau Siais untuk berhati-hati. Meski pun beberapa tahun belakangan kemunculan buaya baru kini didapat.

Belakangan , Pihak BKSDA telah mengevakuasi buaya yang diperkirakan berusia 2 tahun itu. Namun belum berhasil mendapat informasi lebih lanjut dari BKSDA sekait kondisi hewan predator itu.

Kepala BKSDA Wilayah III Padangsidimpuan Gunawan tidak merespon sambungan selular, juga belum menanggapi pertanyaan yang dilemparkan lewat aplikasi perpesanan. (san/fi)
Sent from Yahoo Mail on Android

iklan usi



Back to top button