Berita

BPD Wajib Kontrol Pemerintah Desa

TAPSEL, FaseBerita.ID – Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu mengajak seluruh Badan Permusyawarahan Desa (BPD), agar menjalankan fungsinya sebagai kontrol dari Pemerintah Desa (Pemdes) di desa masing masing. Sehingga, semua program pembangunan desa berjalan baik ke depan.

Hal itu, disampaikannya pada pelantikan massal BPD dari 116 desa di Tapsel, Kamis (18/7) di gedung serbaguna Sarasi-2 Kantor Bupati Tapsel.

“Saya melantik saudara-saudara karena kepatuhan terhadap ketentuan Pemendagri No.110 tahun 2016. Tujuannya ialah agar kita semua patuh terhadap peraturan, juga menjadi kontrol dari pemerintah desa,” jelasnya.

Disampaikan, memang pelantikan tersebut merupakan pertama kalinya digelar di Tapsel, secara massal. Sebanyak 814 orang ketua dan anggota BPD Tapsel yang berasal dari 116 desa menjalani pelantikan secara bersama, untuk periode 2019 – 2025.

Sesuai dengan data yang diberikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tapsel M Yusup, dari jumlah 814 orang yang dilantik, terdiri dari 668 orang laki-laki dan 146 perempuan. Bahkan, dari 116 ketua, tiga diantaranya diketuai oleh perempuan. Yaitu dari Kecamatan Angkola Sangkunur, Angkola Selatan dan Sayur Matinggi.

“Ini mungkin pertama kalinya BPD, yang langsung dilantik oleh kepala daerahnya,” sebut Yusup.

Pada kesempatan itu Bupati Tapsel menyampaikan, setiap anggota harus benar – benar memahami tupoksi masing – masing, agar bisa menjalani tugasnya dengan baik.

Menurut Syahrul, BPD ini merupakan reperentasif, reperentasi dari kelompok-kelompok masyarakat. idalamnya ada unsur wanita, unsur tokoh agama, ada tokoh adat dan juga unsur pemuda.

Diungkapkan, seharusnya memang ada 118 Desa yang ada di Tapsel akan tetapi ada dua desa yang belum dilantik yaitu Desa Sigulang Losung Kecamatan Batang Angkola dan Desa Batu Horing Kecamatan Batangtoru.

“Karena belum memiliki anggota wanita dalam BPD,” terang Syahrul.

Ditegaskan, seluruh anggota BPD yang baru dilantik tentunya harus semakin aktif dan menambah akselaris dalam percepatan pembangunan, baik dalam menggunakan ADD maupun yang dibangun Pemkab di desa masing – masing.

Hadir pada pelantikan itu, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Asisten, Staf Ahli Bupati, pimpinan OPD, Kapala Bagian, Camat se- Kabupaten Tapsel dan Sekretaris KNPI Tapsel. (ran)

Unefa

Pascasarjana


Tags
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker