Berita

Bolos Sekolah, 8 Pelajar di Siantar Terjaring di Warnet

SIANTAR, FaseBerita.ID – Sedikitnya delapan pelajar tingkat SMA dan STM terjaring dalam pembinaan dan penyuluhan yang dilakukan personel Sat Binmas Polres Pematangsiantar dari disejumlah warnet, Kamis (21/11/2019) pagi sekira pukul 09.00 WIB.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Budi Pardamean Saragih melalui Kasubbag Humas Iptu Rusdi Ahya mengatakan, kegiatan ini digelar rutin dalam bentuk memberikan penyuluhan dan pembinaan.

Kegiatan dilakukan di sejumlah warnet tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB dan berhasil menjaring 8 anak pelajar SMA dan STM dari King Net di Jalan Piere Tendean, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Timur.

Selanjutnya, kedelapan pelajar yang masih di bawah umur itu digiring ke ruangan depan Binmas Polres Siantar.

Guna diberikan pembinaan dan nasihat agar tak lagi mengulangi perbuatan bermain warnet pada jam belajar.

Setelah diamankan di ruangan Binmas Polres Siantar mereka diberikan pembinaan. Mereka juga membuat surat peryataan guna turut melakukan pengawasan untuk orang tuanya dan guru kelasnya masing-masing.

“Selain memberikan penyuluhan, kita memberikan pengarahan dan nasehat bagi pelajar yang disampaikan oleh Kasat Binmas Polres Siantar AKP Hasmarulla,” kata Kasubbag Humas Iptu Rusdi Ahya.

Selanjutnya, Kasat Binmas juga mengimbau pada orangtua agar senantiasa mengawasi anak dari pengaruh narkoba, dan pengaruh lingkungan yakni kenakalan remaja, pergaulan si anak.

“Didiklah si anak ke arah kebaikan melalui pendekatan diri kepada Tuhan seperti mengikuti pengajian, sholat, maupun pendidikan agama,” pesan Kasat Binmas.

Tindakan preventif pihak kepolisian dalam kegiatan pembinaan dan penyuluhan itu dengan membuat surat peryataan turut mengawasi si anak agar tak mengulangi lagi perbuatannya tersebut.

Kasat Binmas mengimbau agar anak-anak tidak terpengaruh narkoba maupun ngelem yang dapat berdampak buruk pada perkembangan otak berfantasi atau berhayal.

“Dampak lem itu bisa merusak syaraf otak yang bisa membuat ketergantungan sehingga saat dewasa bisa bersikap malas dan jadi gelandangan,” ujar Kasat Binmas seperti yang disampaikan Kasubbag Humas.

Diamankannya siswa itu menjadi pelajaran berharga terhadap mereka agar tidak mengulangi perbuatan yang sama. (Mag-03)

Tags

Berita lainnya

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker
Close