Berita

BNPB Tanggapi Imbauan Kedubes AS: Hujan Tak Se-ekstrem Malam Tahun Baru

FaseBerita.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan, intensitas hujan yang akan terjadi pada Kamis (9/1) hingga Minggu (12/1) tidak akan melebihi ekstrem curah hujan yang terjadi pada malam tahun baru, Rabu (1/1) lalu. Hal ini menanggapi adanya imbauan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia melalui laman resminya https://id.usembassy.gov/ yang mengeluarkan peringatan dini kepada warganya yang berada di wilayah Jakarta.

“Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat memang masih ada di Jakarta, terutama pada periode tanggal 9 – 12 Januari 2020. Namun kami memprediksi, intensitas hujannya tidak se-ekstrim curah hujan pada tanggal 1 Januari 2020,” tegas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi BNPB Agus Wibowo dikonfirmasi, Rabu (8/1).

Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) di Indonesia memberikan langkah-langkah strategis untuk menghindari potensi bencana tersebut. Melalui laman resminya, Kedubes AS meminta warganya untuk menyiapkan rencana tanggap darurat untuk keluarga, pekerjaan dan sekolah.

“Tetap pantau perkembangan terkini dari media lokal tentang peristiwa yang terjadi,” ujar pihak Kedubes AS di Indonesia, seperti dikutip dari laman Kedubes AS untuk Indonesia.

Kedubes AS juga mengimbau warganya untuk selalu waspada terhadap lingkungan sekitar dan mempersiapkan pengamanan, diri sendiri dan keluarga dalam keadaan apapun.

“Terus pantau informasi terkini juga dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG); https://www.bmkg.go.id/, serta melihat Peta Bencana untuk mengetahui informasi terkini tentang daerah terdampak banjir,” sambung imbauan itu.

Lebih jauh, Kedubes AS untuk Indonesia ini pun meminta warganya untuk mendaftarkan diri dalam Smart Traveler Enrollment Program (STEP) untuk menerima pembaruan keamanan. “Ikuti Twitter dan Facebook Konsulat Jenderal AS di Surabaya dan Kedutaan Besar AS di Jakarta di Twitter dan Facebook,” pungkas imbauan laman Kedubes AS. (JP)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button