Berita

BNN Siantar Gandeng Jurnalis Cegah Bahaya Narkoba

FaseBerita.ID – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Pematangsiantar menggandeng puluhan jurnalis dari media cetak dan online untuk mencegah peredaran bahaya narkoba.

Dalam sosialisasi ini, BNN Siantar mengundang 20 jurnalis untuk mengikuti Bimtek selama dua hari mulai Senin (24-25/8) di Sapadia Hotel Pematangsiantar.

Melalui Bimtek ini diharapkan para jurnalis memiliki pemahaman yang lebih luas tentang pentingnya pencegahan peredaran narkoba baik di lingkungan pekerjaan, masyarakat dan keluarga.

Kegiatan tersebut di isi dengan pemaparan dari berbagai narasumber, yakni dari Disnaker Kota Siantar yang diwakili oleh Tumpak Pasaribu, Feri Sinamo mewakili DPRD Kota Siantar, Kepala BNN Siantar Tuangkus Harianja, Pasi Intel Kodim 02/07 Sim Kap Inf Suheri, Wadan Brimob Subden 2 B Pematangsiantar Iptu Yusuf, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Siantar Dewi Sartika Tarigan dan Kasi Pemberantasan BNN Siantar Kompol Pierson Ketaren.

Baca juga:

Dalam pemaparan Kepala BNN Kota Siantar Tuangkus Harianja mengungkapkan, pemberantasan peredaran narkoba tidak cukup hanya dilakukan oleh aparat penegak hukum. Namun perlu partisipasi masyarakat untuk mensosialisasikan tentang bahaya narkoba.

Tuangkus juga menyinggung tentang instruksi Presiden RI nomor 2 tahun 2020 yang menegaskan bahwa seluruh kepala daerah harus turut serta aktif melakukan sosialisasi.

“Jadi kepala daerah itu diajak untuk turut serta berpartisipasi dengan mengerahkan seluruh perangkatnya. Termasuk juga membuat regulasi seperti Perda,” jelasnya.

“Jadi pemberantasan Narkoba ini bukan hanya tugas BNN, TNI/Polri, namun seluruh kepala daerah juga di instruksikan agar turut serta aktif,” ujarnya.

Tuangkus mencontohkan, jika sudah ada Perda dibuat oleh kepala daerah, maka seluruh OPD baik itu kelurahan dapat ditampung anggaran untuk upaya pencegahan peredaran narkoba.

Sementara itu, kepada para jurnalis diharapkan setelah mendapat pemaparan dari sejumlah Nara sumber dapat menjadi modal untuk memberikan sosialisasi di tempat kerja, lingkungan dan keluarga.

“Nanti setelah dua hari acara, maka teman-teman wartawan akan dilantik dan diapuk menjadi penggiat anti narkoba. Jadi mari sama sama mencegah peredaran narkoba,” ujar Kepala BNN Siantar Tuangkus Harianja. (pra)



Pascasarjana

Unefa
Back to top button